Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Reaksi Alergi

Pengobatan Herbal Reaksi Alergi

Pengertian Reaksi Alergi

Yang dimaksudkan dengan reaksi Alergi atau Reaksi Hipersensitivitas adalah reaksi-reaksi dari sistem kekebalan yang terjadi ketika jaringan tubuh yang normal mengalami cedera/terluka. Mekanisme dimana sistem kekebalan melindungi tubuh dan mekanisme dimana reaksi hipersensitivitas bisa melukai tubuh adalah sama.

Penyebab Reaksi Alergi

Penyebab reaksi alergi adalah reaksi yang melibatkan antibodi IgE (immunoglobulin E). Ig E terikat pada sel khusus, termasuk basofil di dalam sirkulasi darah dan sel mast di dalam jaringan. Jika antibodi IgE yang terikat dengan sel-sel tersebut berhadapan dengan antigen (dalam hal ini disebut alergen), maka sel-sel tersebut didorong untuk melepaskan zat kimia yang melukai jaringan di sekitarnya.

Gejala  Reaksi Alergi

Gejala reaksi alergi adalah mata berair, mata terasa gatal dan kadang bersin. Pada reaksi yang esktrim bisa timbul gejala berupa gangguan pernafasan, kelainan fungsi jantung dan tekanan darah yang sangat rendah, yang menyebabkan syok.

Diagnosa Reaksi Alergi

Diagnosa reaksi alergi dilakukan dengan cara pemeriksaan yang bermaksud membantu menentukan apakah gejalanya berhubungan dengan alergi dan menentukan alergen penyebabnya. Selain itu, pemeriksaan darah juga bisa menunjukkan banyaknya eosinofil. Adapun Tes RAS (radioallergosorbent) dilakukan untuk mengukur kadar antibodi IgE dalam darah yang spesifik untuk alergen individual.

Pengobatan Herbal Reaksi Alergi

Pengobatan yang dilakukan adalah mengkonsumsi obat tertentu, memasang alat penyaring pada AC, melarang hewan peliharaan berkeliaran di dalam rumah dan penderita harus berhenti mengkonsumsi makanan tertentu.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Reaksi Alergi
Pengobatan Herbal Reaksi Alergi
Artikel "Pengobatan Herbal Reaksi Alergi" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-reaksi-alergi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.