Pengobatan Herbal Sindrom Tarsal Tunnel

Pengertian Sindrom Tarsal Tunnel

Penyakit ini dapat diartikan sebagai kondisi dimana penderita merasakan sakit pada daerah pergelangan kaki, atau kaki dan jari kaki yang penyebabnya adalah tekanan atau kerusakan yang terjadi di syaraf yang mensuplai darah ke tumit dan kaki, dalam ilmu kesehatan syaraf dikenal dengan nama syaraf posterior tibial yang menjalar ke betis bagian belakang.

Gejala Sindrom Tarsal Tunnel

Penderita penyakit ini umumnya akan merasakan gejala seperti rasa sakit seperti terbakar atau kesemutan, yang biasa terjadi ketika penderita sedang berdiri, berjalan, atau menggunakan sepatu jenis tertentu. Jika terus dibiarkan maka daerah yang terasa sakit di sekitar kaki akan menjalar ke jari kaki dan semakin parah ketika dibawa berjalan.

Diagnosa Sindrom Tarsal Tunnel

Khusus untuk penyakit ini, team medis akan mendiagnosa dengan cara memanipulasi kaki yang terkena selama pemeriksaan fisik. Misalnya dengan mengetuk luka tersebut atau menekan daerah yang seringkali menyebabkan kesemutan

Pengobatan Herbal Sindrom Tarsal Tunnel

Secara medis, penderita penyakit ini dapat diobati dengan memberi suntikan obat kortikosteroid atau bius lokal ke dalam daerah yang terkena, tujuanya adalah untuk menghilangkan rasa sakit. Masih ada cara pengobatan lain, seperti membungkus kaki dan meletakkan alat orthotic yang dirancang khusus di dalam sepatu penderita, tujuanya adalah untuk mengurangi tekanan pada syaraf. Namun jika penyakit ini sudah termasuk akut, maka operasi adalah jalan terbaik untuk menghilangkan tekanan pada syaraf kemungkinan diperlukan.

Sedangkan pengobatan herbal adalah jenis pengobatan yang sama tujuanya dengan obat medis, yaitu menyembuhkan penyakit ini, hanya saja obat herbal lebih alami dan berasal dari tanaman atau ramuan berkhasiat.

Leave a Reply