Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Sinusitis

Pengobatan Herbal Sinusitis

Pengertian Sinusitis

Sinusitis didefenisikan sebagai suatu jenis peradangan pada sinus yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri dan jamur. Sinusitis bisa terjadi pada salah satu dari keempat sinus yang ada yaitu maksilaris, etmoidalis, frontalis atau sfenoidalis.

Gejala Sinusitis

Banyak gejala yang timbul pada penderita sinusitis, seperti kelainan pada sinus, sakit kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pada pagi hari. Sinusitis akut dan kronis memiliki gejala yang sama, yaitu nyeri tekan dan pembengkakan pada sinus yang terkena. Sinusitis maksilaris menyebabkan nyeri pipi tepat di bawah mata, sakit gigi dan sakit kepala. Gejala lainnya adalah: tidak enak badan demam letih, lesu batuk, hidung meler atau hidung tersumbat. Sedangkan Demam dan menggigil menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar ke luar sinus.

Penyebab Sinusitis

Banyak hal yang menjadi penyebab Sinusitis yang bisa bersifat akut yang berlangsung selama 3 minggu atau kurang maupun kronis yang berlangsung selama 3-8 minggu tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya.

Diagnosa Sinusitis

Diagnosis dilakukan berdasarkan gejala-gejala, foto rontgen sinus dan hasil pemeriksaan fisik. Untuk menentukan luas dan beratnya sinusitis, bisa dilakukan pemeriksaan CT scan. Pada sinusitis maksilaris, dilakukan pemeriksaan rontgen gigi untuk mengetahui adanya abses gigi.

Pengobatan Herbal Sinusitis

Jika terlebih dahulu mengetahui pengobatan penyakit ini secara medis, untuk sinusitis akut biasanya diberikan Dekongestan, Antibiotik untuk mengendalikan infeksi bakteriĀ  dan Obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri. Sedangkan untuk Sinusitis kronis diberikan antibiotik dan dekongestan. Untuk mengurangi peradangan biasanya diberikan obat semprot hidung yang mengandung steroid. Jika penyakitnya berat, bisa diberikan steroid per-oral (melalui mulut).

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Sinusitis
Pengobatan Herbal Sinusitis
Artikel "Pengobatan Herbal Sinusitis" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 23rd December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-sinusitis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.