Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun)

Pengobatan Herbal Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun)

Pengertian Tiroiditis Hashimoto

Yang dimaksudkan dengan Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun) adalah peradangan kelenjar tiroid yang sering menyebabkan hipotiroidisme. Tiroiditis Hashimoto merupakan jenis tiroiditis yang paling sering ditemukan. Paling sering terjadi pada wanita usia lanjut dan cenderung diturunkan.

Penyebab Tiroiditis Hashimoto

Penyebab utama adalah tubuh melawan dirinya sendiri dalam suatu reaksi autoimun, membentuk antibodi yang menyerang kelenjar tiroid. Penyakit ini 8 kali lebih sering terjadi pada wanita dan bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki kelainan kromosom tertentu, seperti sindroma Turner, sindroma Down dan sindroma Kleinefelter.

Gejala Tiroidisitis Hashimoto

Banyak gejala yang timbul pada Tiroiditis Hashimoto dimulai dengan pembesaran kelenjar tiroid yang tidak menimbulkan nyeri atau rasa penuh di leher. Jika diraba, kelenjar terasa membesar, teksturnya seperti karet tetapi tidak lembut; kadang terasa berbenjol-benjol. Dua puluh persen penderita memililki kelenjar tiroid yang kurang aktif, sisanya memiliki kelenjar yang berfungsi normal. Banyak penderita yang juga memiliki kelainan endokrin lainnya (seperti diabetes (kencing manis), kelenjar adrenal yang kurang aktif atau kelenjar paratiroid yang kurang aktif) dan penyakit autoimun lainnya (misalnya anemia pernisiosa, artritis rematoid, sindroma.

Diagnosa Tiroidisitis Hashimoto

Diagnosa dilakukan dengan memeriksa fungsi tiroid pada contoh darah untuk menentukan apakah fungsi kelenjar masih normal. Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, hasil pemeriksaan fisik dan adanya antibodi yang menyerang kelenjar di dalam darah.

Pengobatan Herbal Tiroidisitis Hashimoto

Pada prakteknya memang tidak ada pengobatan khusus untuk tiroiditis Hashimoto. Hormon tiroid juga bisa digunakan untuk mengurangi pembesaran kelenjar tiroid.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun)
Pengobatan Herbal Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun)
Artikel "Pengobatan Herbal Tiroiditis Hashimoto (Tiroiditis autoimun)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 29th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-tiroiditis-hashimoto-tiroiditis-autoimun.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.