Home Penyakit Exim atau Eksim PENYAKIT KULIT EXIM BASAH

PENYAKIT KULIT EXIM BASAH

Pengertian Penyakit Kulit Exim Basah

Pengertian dari penyakit exim basah adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kulit penderita yang kemerahan, jika terus dibiarkan maka gejala ini akan bertambah menjadi kulit penderita yang pecah-pecah, berair dan bersisik. Selain itu kulit penderita juga akan terasa gatal, dan jika digaruk akan terasa panas. Jika sudah dalam keadaan seperti ini maka penderita akan mengalami panas dingin pada sekujur tubuhnya, bisa juga mempengaruhi keadaan emosional penderita. Adapun bagian tubuh penderita yang sering terkena penyakit kulit exim jenis ini adalah pada bagian tangan, kaki, telinga dan tungkai.

Penyebab Penyakit Kulit Exim Basah

Masih dapat juga diartikan penyakit exim ini dalam definisi yang lain adalah salah satu diantara banyak penyakit kulit yang penyebabnya adalah jamur. Selain itu penyakit ini diyakini juga disebabkan oleh keadaan sistem kekebalan tubuh penderita yang mengalami gangguan, secara khusus gangguan tersebut adalah sistem kekebalan tubuh yang berlebihan hingga kemudian bereaksi terhadap bakteri dan infektan.
Untuk menjelaskan mengenai sistem kekebalan tubuh manusia, diketahui bahwa pada dasarnya sistem kekebalan tubuh manusia ini berbeda-beda, dan secara khusus hal ini berhubungan dengan tekstur kulit penderita. Karena itu juga biasanya seseorang akan mulai mengalami penyakit ini setelah menggunakan zat tertentu seperti detergen atau alat rumah tangga lainya. Dan pada intinya semua pemakaian zat tersebut berpengaruh atau terpapar langsung dengan kulit.

Gejala Penyakit Kulit Exim Basah

Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan merasakan gejala pada bagian tubuhnya secara perlahan yang dimulai dengan kulit yang memerah, hingga kemudian bersisik dan kering. Daerh atau bagian tubuh yang biasa terkena penyakit ini adalah pada bagian tangan ataupun kulit. Jika penyakit ini sudah tergolong kronis, maka gejalanya akan berbentuk rasa gatal yang terus terjadi, pada awalnya hanya terjadi pada bagian tertentu tapi lama kelamaan dapat terus menyebar ke bagian tubuh yang lain. Jika sudah begitu maka kulit penderita akan lebih sensitive terhadap bahan-bahan tertentu seperti kain yang terbuat daru wol.

Perawatan Penyakit Kulit Exim Basah.

Bagi penderita yang terkena penyakit ini harus melakukan perawatan secara intensif, misalnya kaki yang terkena harus menggunakan kaus kaki yang terbuat dari katun, penderita juga harus menghindari air sabun yang mengandung bahan kuman yang tinggi, lantas bersabar dan meredam emosi.

Pengobatan Penyakit Kulit Exim Basah

Tujuan dari pengobatan penyakit ini adalah untuk menghilangkan gejala rasa gatal, sehingga infeksi selanjutnya juga bisa dihindari. Dan untuk gejala kulit penderita yang terasa kering dan gatal, maka penderita akan dianjurkan untuk menggunakan krim pelembab atau obat dalam bentuk lotion. Tujuan dari penggunaan obat pelembab ini adalah supaya kulit penderita menjadi lembab. Sedangkan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan, biasanya penderita akan diberikan obat salep atau krim yang mengandung hydrokortison atau yang mengandung kortikosteroid.
Tapi jika penyakit exim yang dialami penderita ini sudah termasuk parah atau kronis, maka untuk pengobatanya sangat memerlukan petunjuk dokter. Dokter biasanya akan memberikan penderita tablet kortikosteroid, dan untuk bagian tubuh yang sudah terinfeksi oleh penyakit exim ini diobati dengan memberikan penderita obat antibiotika, tujuanya adalah untuk membunuh bakteri. Masih ada jenis obat exim lainya yang dikenal dalam ilmu kesehatan, seperti misalnya antihistamin yang diberikan untuk mengurangi rasa gatal yang hebat atau juga jenis obat cyclosporin.

PENYAKIT KULIT EXIM BASAH
PENYAKIT KULIT EXIM BASAH
Artikel "PENYAKIT KULIT EXIM BASAH" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 12th April 2013 Categories Exim atau Eksim permalinks http://www.jamugodog.com/penyakit-kulit-exim-basah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.