Penyakit Radang Panggul

Pengertian Penyakit Radang Panggul

Ini adalah penyakit dimana penderita mengalami gangguanh berupa peradangan pada tuba falopii  atau saluran yang menghubungkan antara indung telur dengan rahim. Dan penyakit ini lebih sering terjadi pada kaum wanita yang aktifitas seksualnya aktif.

Penyebab Penyakit Radang Panggul

Diketahui yang menjadi penyebab utama penyakit ini adalah infeksi bakteri, infeksi ini terjadi karena bakteri masuk melalui vagina penderita dan kemudian bergerak ke rahim lalu ke tuba falopii. Selain masih ada penyebab lain seperti penyakit Aktinomikosis, Skistosomiasis, Tuberkulosis.

Gejala Penyakit Radang Panggul

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti nyeri pada perut bagian bawah yang juga disertai dengan mual atau muntah. Selain masih ada gejala lain seperti keluarnya cairan dari vagina penderita yang berbau yang tidak normal, menstruasi penderita juga disertai perdarahan, penderita mengalami demam dan kram karena menstruasi, selain juga nyeri ketika melakukan hubungan seksual.

Diagnosa Penyakit Radang Panggul

Khusus untuk penyakit ini metode diagnosa yang dilakukan adalah pemeriksaan pada daerah panggul dan perut, selain juga dilakukan pemeriksaan darah lengkap, pemeriksan cairan dari serviks, Laparoskopi dan USG pada panggul.

Cara mengobati Penyakit Radang Panggul

Secara medis, penderita penyakit ini harus langsung dirawat di rumah sakit. Penderita juga diberikan obat antibiotik secara oral jika penyakit ini masih tergolong ringan, dan melalui intraverna jika penyakit ini sudah termasuk parah.

 

 

Leave a Reply