Home Penyakit Uncategorized Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya

Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya

Anemia-Anemia terjadi karena defisiensi beberapa jenis zat seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Umumnya, anemia yangterjadi pada lansia akibat penurunan kapasitas sumsum tulang belakang, penggunan obat, kehilangan darah, hemoliss kronis, dan defisiensi zat gizi yang terjadi sebelum menderita anemia.

Anemia yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B12, jarang terjadi pada mereka yang mempunyai pola makan seimbang. Selain produksi oleh tubuh, vitamin B12 dengan mudah dapat diperoleh dari makanan, terutama makanan hewani. Kebutuhan minimal B12 untuk orang dewasa per hari sebesar 0,6-1,2 mcg. Jumlah tersebut dapat dipenuhi dengan mudah dari 1 butir telur (1 mcg), 1 gelas susu (1 mcg), atau tempe (lebih dari 3 mcg). Sumber vitamin B12 lainnya dapat diperoleh dari hasil metabolisme pertumbuhan bakteri di dalam mulut (sekitar gigi dan gusi), dihulu tenggorokan dan hidung, sekitar amandel, lipatan di dasar lidah, dan diatas cabang pembuluh tenggorokan. Pada kondisi ini dapat diperoleh vitamin B12 sebanyak 0,5 mcg/hari.

Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya

Anemia yang disebabkan oleh kurangnya asupan asam folat biasanya terjadi pada lansia akibat terganggunya proses penyerapan usus (penyakit seliak) dan buruknya kualitas asupan makanan. Kekurangan asam folat pun dapat terjadi pada pasien kanker dan orang-orang yang biasa mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Asam folat dan vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dalam sumsum tulang, yang berfungsi mengangkut haemoglobin. Sumber asam folat banyak terkandung dalam sayuran (daun-daunan), padi-padian, dan kacang-kacangan.

Anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi pada lansia harus diselidiki secara seksama untuk menemukan penyebab yang tersembunyi, mengingat lansia sudah tidak menjalani menstruasi. Kemungkinan terjadinya anemia akibat kurangnya zat besi dapat diakibatkan oleh kanker usus besar yang belum terdeteksi. Selain itu, dapat diakibatkan pula oleh pendarahan karena wasir, yang kadang-kadang cukup parah atau kondisi serius lainnya yang mengakibatkan kehilangan darah. Kadang-kadang, pendarahan sistem usus dan lambung dapat diketahui dari kotoran yang hitam, lengket atau mengandung darah merah. Akan tetapi, penyakit ini pun bisa tersembunyi dan tidak menunjukkan gejala apapun, terutama jika darah yang hilang berlangsung lambat.

Perawatan anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, tidak bisa ditangani hanya dengan pemberian suplemen zat besi. Yang paling penting adalah menemukan penyebabnya, terutama akibat pendarahan khusus (radang usus besar, penyakit infeksi, kanker, radang amandel, pendarahan pada hidung dan wasir berdarah). Pada kasus anemia cukup parah, seperti anemia yang berkaitan dengan pendarahan yang terjadi secara terus menerus atau tanda tanda gagal jantung, perawatannya dapat dilakukan dengan transfusi darah.

Lantas makanan apakah yang dianjurkan bagi penderita anemia?

  1. Sumber vitamin B12, jeroan (hati, ginjal, otak jantung), susu, kuning telur mentah, ikan segar, susu, dan tempe.
  2. Sumber zat besi, sumber pangan hewani (hati, ginjal, ikan, teri, udang segar, dan belut), susu, telur, kacang-kacangan (tempe, oncom kelede), bayam merah, bayam hijau, taoge, kankung, roti, dan serealia yang telah diperkaya zat besi.
  3. Sumber vitamin C, yang berfungsi meningkatkan penyerapn Fe, contohnya berbagai jenis buah-buahan.
  4. Sumber folat, seperti sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

Lantas makanan apakah yang perlu dikurangi?

  1. Makanan penghambat penyerapan Fe, seperti katul.
  2. Suplemen seng dan kalsium, antasid, kopi, serta teh yang dapat mengurangi penyerapan Fe.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya
Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya
Artikel "Penyebab Anemia Dan Bahaya Penyakitnya" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 4th January 2015 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-anemia-dan-bahaya-penyakitnya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.