Home Penyakit Uncategorized Penyebab Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Dehidrasi Mengancam Keluarga Anda – Ada gangguan kesehatan yang sering dialami bayi atau keluarganya yang tengah dalam perjalanan. Salah satunya, Dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi, Kenali gejala dan cepat mengatasinya.Nahh, apa yaa penyebabnya?? Dan bagaimana mengatasinya??

Umumnya balita mengalami dehidrasi karena kurang minum atau kurang banyak cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh. Bisa jadi, ini terjadi karena si kecil terlalu banyak bermain sehingga lupa untuk minum.

Apa Penyebabnya Dehidrasi ?

Selain karena kurang cairan, ada juga penyebab-penyebab lain terjadinya dehidrasi pada si kecil.

Flu atau Pilek

Dehidrasi terjadi saat si kecil sedang sakit flu atau pilek. Walaupun tidak muntah dan tidak sering pipis, dia akan tetap merasa lemas seperti orang kelaparan dan kehausan. Biasanya, ini terjadi karena dia menolak untuk makan dan minum.

Kelelahan

Sekalipun ia tidak terlalu banyak bermain dan cukup tidur misalnya karena dalam perjalanan. Ini terjadi akibatbanyaknya keringat atau energi yang keluar akibat sirkulasi di dalam mobil atau kendaraan kurang baik.

Infeksi

Terinfeksi virus penyebab muntah dan diare. Walaupun si kecil tidak bolak-balik buang air seni, cukup tidur, dan tidak kelelahan bermain, dia bisa juga mengalami dehidrasi akibat muntah-muntah dan diare yang dialaminya.

Bagaimana mengatasinya ?

Berikan cairan

Tindakan utama yang harus anda lakukan untuk mengatasi anak yang mengalami dehidrasi adalah sesegera mungkin mengganti cairan tubuhnya yang banyak keluar. Cairan yang anda berikan dapat berupa air putih biasa, jus buah, es krim, atau bentuk cairan lainnya.

Kiat menghindari

Mencegah memang selalu lebih baik dari pada mengobati. Berikut beberapa hal yang dilakukan untuk  mengatasinya.

  1. Biasakan si kecil untuk minum secara teratur setiap hari, terutama bila dia banyak beraktifitas.
  2. Anak harus minum air putih paling tidak 8 gelas sehari.
  3. Berilah minuman sebelum balita anda mulai beraktivitas, seperti bermain di halaan.
  4. Tetaplah beri minuman pada si kecil, sekalipun ia tidak begitu haus.

Demikian ulasan artikel diatas ,semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Penyebab Dehidrasi dan Cara Mengatasinya
Penyebab Dehidrasi dan Cara Mengatasinya
Artikel "Penyebab Dehidrasi dan Cara Mengatasinya" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 12th July 2014 Categories Uncategorized , permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-dehidrasi-dan-cara-mengatasinya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.