Home Penyakit Diabetes Penyebab Kanker Dan OBATNYA

Penyebab Kanker Dan OBATNYA

Penyebab kanker adalah hal-hal yang sangat perlu kita waspadai dalam upaya melindungi diri dan keluarga dari bahaya kanker yang mematikan. Penyebab kanker dibedakan menjadi faktor lingkungan (90-95%) dan faktor genetik (5-10%). Apa saja faktor-faktor penyebab tersebut? Mari kita uraikan bersama!

Faktor lingkungan sebagai faktor penyebab kanker yang terbesar biasanya mengarahkan kepada kematian. Faktor-faktor ini meliputi rokok/ tembakau (25-30%), diet dan obesitas (30-35 %), infeksi (15-20%), radiasi, stres, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan.

Rokok adalah salah satu penyebab kanker paling besar yang masuk dalam faktor lingkungan. Merokok, terutama jenis sigaret, dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara) dan kandung kemih. Sudah banyak sekali himbauan dan kampanye anti rokok, tetapi penderita kanker akibat benda yang mengandung tar dan nikotin ini masih saja bertambah setiap tahunnya.

Makanan adalah juga faktor penyebab penting lainnya untuk kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Diet tinggi serat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker usus besar. Sedangkan diet yang banyak mengandung makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.
Mengurangi lemak sampai kurang dari 30% dari kalori total, akan mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar, payudara dan protat. Alkohol juga memiliki resiko yang tinggi terhadap timbulnya kanker kerongkongan.

Faktor penyebab dari sisi lingkungan yang lain adalah radiasi. Radiasi ionisasi dan pemaparan yang berlebihan dari sinar ultraviolet, terutama dari sinar matahari, menyebabkan kanker kulit. Pemaparan radiasi dalam jangka panjang juga mempengaruhi seseorang untuk menderita kanker sel darah, termasuk leukemia akut.

Berikutnya adalah penyebab kanker dari faktor genetik. Faktor genetic berhubungan dengan riwayat keluarga. Beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Misalnya resiko wanita untuk menderita kanker payudara meningkat 1,5-3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. Kanker lainnya yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker kulit dan kanker usus besar.

Itulah penyebab-penyebab kanker yang perlu kita waspadai. Sebisa mungkin minimalkan penyebab-penyebab tersebut, juga kembangkan hidup sehat dan teratur!

5. kanker usus
Artikel:

Kanker usus adalah kanker yang menyerang bagian penting pencernaan kita, usus. Kanker ini sering disebut juga kanker kolorektal. Kanker usus merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Sistem Pencernaan Manusia

Dalam beberapa hal, kanker usus besar dan kanker rektum memiliki banyak kesamaan. Kanker usus berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun. Sebagian besar kanker bermula sebagai polip usus. Polip adenoma ini dapat berkembang menjadi kanker.

Lebih dari 95% dari kanker usus besar dan rektum adalah adenokarsinoma. Kanker ini dimulai pada sel-sel yang melapisi bagian dalam usus besar dan rektum. Kanker kolon dan dubur dimulai dalam sistem pencernaan, juga disebut GI (gastrointestinal) sistem.

Pada penderita kanker usus, proses pengobatannya tergantung pada tahap kanker anda. Proses itu meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi, dan target terapi.

Yang terbaik tertu mencegah kanker usus itu sendiri. Salah satu pencegahan terhadap kanker usus adalah mengangkat polip sedini mungkin. Mengetahui penyebab dan gejala kanker usus juga bisa jadi langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya kanker usus:
a. Usia, orang yang berusia diatas 50 tahun lebih beresiko terkena kanker usus.
b. Pola makan minim mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
c. Obesitas dan diabetes.
d. Merokok dan/atau pecandu alkohol
e. Riwayat polip usus atau penyakit usus.
f. Riwayat kanker usus dalam keluarga.

Selanjutnya, gejala-gejala kanker usus, yaitu tinja berbentuk runcing, darah dalam tinja, perubahan kebiasaan BAB (diare atau sembelit yang semakin intens), sakit perut, sering kelelahan, dan penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab jelas.

Tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker usus adalah dengan rajin mengkonsumsi serat yang terdapat pada biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.Hindari makanan yang berbahan pewarna, pengawet, alcohol dan rokok. Perbanyak minum air putih dan hindari stress. Selain itu, anda juga bisa melakukan skrining kanker usus dan meminum supplemen vitamin dan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan usus anda.

Penyebab Kanker Dan OBATNYA
Penyebab Kanker Dan OBATNYA
Artikel "Penyebab Kanker Dan OBATNYA" ditulis oleh ukaya update terakhir pada 4th July 2011 Categories Diabetes permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-kanker-dan-obatnya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.