Home Penyakit Kanker Penyebab Kanker SERVIKS

Penyebab Kanker SERVIKS

Virus HPV (Human Papilloma Virus) adalah penyebab utama kanker serviks. Sebagai penyebab utama, perkembangan virus ini juga didukung oleh beberapa faktor penyebab.

Penyebab kanker serviks, HPV, adalah sekelompok lebih dari 100 virus yang berhubungan yang dapat menginfeksi sel-sel pada permukaan kulit, ditularkan melalui kontak kulit seperti vaginal, anal, atau oral seks. Melakukan hubungan seks tidak aman terutama pada usia muda atau memiliki banyak pasangan seks, adalah faktor utama terjadinya infeksi HPV. Infeksi ini terjadi karena rangsangan penis/sperma pada usis remaja (12-20) dan dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal, terlebih bila terjadi luka saat berhubungan seksual. Infeksi Virus HPV dapat terjadi dalam 2-3 tahun pertama mereka aktif secara seksual. Biasanya virus HPV menyerang wanita muda berusia 15-24 tahun.

Selain virus HPV karena hubungan seksual yang belum dan tidak semestinya, ada banyak faktor yang juga bisa menjadi penyebab kanker serviks, yaitu:
a. Merokok
Rokok mengandung banyak zat racun/kimia yang dapat menyebabkan kanker paru dan dapat dibawa ke dalam aliran darah sampai ke rahim dan organ tubuh lain.
b. Infeksi HIV
Infeksi HIV (human immunodeficiency virus) juga dapat menjadi faktor resiko kanker serviks karena membuat sistem kekebalan tubuh seorang wanita menjadi sangat kurang.
c. Infeksi Klamidia
Infeksi Klamidia adalah infeksi karena bakteri yang umum menyerang organ wanita, tersebar melalui hubungan seksual.
d. Diet
Diet rendah sayuran dan buah-buahan dapat dikaitkan dengan meningkatnya resiko kanker seviks. Bgitu juga wanita yang terlalu gemuk/obesitas.
e Pil KB
Riste menemukan, pnggunaan pil KB dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker serviks.
f. Banyak Kehamilan
Wanita yang menjalani 3 atau lebih kehamilan utuh memiliki peningkatan resiko kanker serviks karena adanya trauma pada serviks.
g. Hamil pertama di usia muda
Hamil di usia dibawah 17 tahun sangat beresiko, bahkan meningkatkan kemungkinan kanker serviks sampai hampir dua kali lipat pada usia tuanya.
h. Riwayat Keluarga
Riwayat keluarga juga berpengaruh pada resiko terkena kanker serviks.

Selain faktor-faktor penyebab diatas, penghasilan yang rendah dan obat hormon pada keguguran bernama DES (diethylstilbestrol) juga diteliti menjadi penyebab tambahan.

Penyebab Kanker SERVIKS
Penyebab Kanker SERVIKS
Artikel "Penyebab Kanker SERVIKS" ditulis oleh ukaya update terakhir pada 12th July 2011 Categories Kanker permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-kanker-serviks.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.