Home Penyakit Uncategorized Penyebab Kegemukan

Penyebab Kegemukan

Penyebab Kegemukan-Umumnya seseorang gemuk dikarenakan makan yang terlalu banyak. Makan yang banyak ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Sebab itu seorang bayi yang lahir dari kedua orang tua yang gemuk 90% juga akan mengalami kegemukan.

Beberapa Penyebab Kegemukan

Dalam hal ini nampaknya faktor genetik telah ikut campur dalam menentukan jumlah unsur sel lemak dalam tubuh. Hal ini dimungkinkan karena pada saat ibu yang obesitas sedang hamil maka unsur sel lemak yang berjumlah besar dan melebihi ukuran normal, secara otomatis akan diturunkan kepada sang bayi selama dalam kandungan. Maka tidak heranlah bila bayi yang lahirpun memiliki unsur lemak tubuh yang relatif sama besar

Banyak orang yang mempunyai selera yang bagus dan dapat makan apa saja dan kapan saja. Sering organ pencernaan mereka lebih berdaya guna daripada orang biasa, hingga sedikit makanan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, karena kelebihan zat makanan yang menyebabkan penumpukan lemak dan orang yang kegemukan lebih responsif dibanding dengan orang berberat badan normal terhadap syarat lapar eksternal, seperti rasa dan bau makanan, atau saatnya waktu makan. Orang yang gemuk cenderung makan bila ia merasa ingin makan, bukan makan pada saat ia lapar. Pola makan berlebih inilah yang menyebabkan mereka sulit untuk keluar dan kegemukan jika sang individu tidak memiliki kontrol diri dan motivasi yang kuat untuk mengurangi berat badan.

Dalam suatu studi yang dilakukan White (1977) pada kèlompok orang dengan berat badan berlebih dan kelompok orang dengan berat badan yang kurang, dengan menyajikan kripik (makanan ringan) setelah mereka menyaksikan empat jenis film yang mengundang emosi yang berbeda, yaitu film yang tegang, ceria, merangsang gairah seksual dan sebuah ceramah yang membosankan. Pada orang gemuk didapatkan bahwa mereka lebih banyak menghabiskan kripik setelah menyaksikan film yang tegang dibanding setelah menonton film yang membosankan. Sedangkan pada orang dengan berat badan kurang selera makan kripik tetap sama setelah menonton film yang tegang maupun film yang membosankan.

Kemajuan ilmu pengetahuan menyebabkan juga berkurangnya kebutuhan kalori setiap hari. Umumnya manusia memerlukan 4.000 kalori per hari untuk melakukan kegiatannya sehari-hari. Jika anda memakan roti dan menteganya lebih banyak dari apa yang diperlukan dalam satu hari maka anda akan kelebihan 65-70 kalori per hari. Umumnya seseorang harus menambah 7.000 kalori untuk menambah berat badan sebanyak satu kg. Sebaliknya ia harus menggunakan 7.000 kalori untuk menurunkan satu kg berat badan. Betapa sering kita lebih mudah untuk menambah ekstra kalori daripada menggunakan esktra kalori. Untuk itu, berhati-hatilah dengan makanan yang akan kita konsumsi agar berat badan kita tidak melebihi berat normal.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Penyebab Kegemukan
Penyebab Kegemukan
Artikel "Penyebab Kegemukan" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-kegemukan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.