Home Penyakit Uncategorized Penyebab Lain Penyakit Hepatitis

Penyebab Lain Penyakit Hepatitis

Hepatitis karena Penyebab Lain-Selain hepatitis yang disebabkan oleh virus, penyakit pada organ hati bisa disebabkan juga oleh bakteri, parasit, jamur, obat untuk berbagai penyembuhan penyakit, alkohol, maupun akibat gizi buruk. Seorang penderita perlemahan hati yang disertai meningkatnya nilai SGOT dan SGPT perlu waspada terhadap kemungkinan menderita non alkoholic steato hepatitis (NASH).

Berikut ini adalah penyebab lain hepatitis:

Hepatitis karena bakteri atau parasit

Amebiasis hati atau abses hari amuba

Keadaan ini adalah salah satu manifestasi klinis amebiasis diluar usus yang paling sering dijumpai. Amebiasis hati lebih sering menyerang laki-laki daripada perempuan dengan perbandingan 5:1. Keluhan yang timbul antara lain nyeri daerah hati, badan terasa lemah, demam, tidak napsu makan, mual, muntah, dan demam.

Leptospirosis

Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme dari genus Leptospira, yang masuk kedalam darah melalui kulit, selaput lendir, saluran cerna, dan sebagainya. Setelah berkembang biak mikroorganisme ini lalu menyebar ke organ-organ dan jaringan tubuh. Penyakit yang berat akan menimbulkan banyak keluhan dan gejala seperti demam, mata menjadi merah, silau, kuning, nyeri pada otot, mual, muntah, mencret, pembesaran hati dan limpa, dan lain-lain.

Hebatitis Akibat Obat

Chlorpromazine HCl

Obat yang termasuk golongan mayor trasnquallizer untuk penenang penderita sakit jiwa dapat menyebabkan kolestasis sehingga terjadi jaundice (kuning) bagi pemakainya yang berlebihan.

Tetrasiklin, entanol, dan metotreksat

Obat ini dapat menyebabkan perlemakan hati yang berat.

Obat kontrasepsi oral

Menyebabkan kolestasis dan hiperbilirubinemia

Aspirin

Pemakaian dengan dosis 2-3,5 g setiap hari dilakukan selama 1-8 bukan dapat menimbulkan gejala hepatitis kronik aktif.

Hepatitis akibat alkohol

Hepatitis ini terjadi pada pecandu alkohol yang diminum secara berlebihan setiap hari akibatnya, sebagian besar dari mereka akan mengalami perlemakan hati dan 20-30% diantaranya akan berkembang menjadi sirosis hati.

Hepatitis akibat makanan tercemar

Zat hepatotoksik yang bernama aflatoksin, suatu mikotoksin yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus biasanya tumbuh pada bahan makanan dah hal ini yang berbahaya bagi tubuh.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Penyebab Lain Penyakit Hepatitis
Penyebab Lain Penyakit Hepatitis
Artikel "Penyebab Lain Penyakit Hepatitis" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-lain-penyakit-hepatitis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.