Home Penyakit Uncategorized Penyebab Mata Kedutan

Penyebab Mata Kedutan

Penyebab Mata Kedutan – Mata yang bergerak atau ditarik secara sendiri dikenal dengan istilah kedutan. Mungkin setiap orang pernah mengalami kejadian sperti ini dan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai penyebab mata kedutan.

Beberapa Penyebab Mata Kedutan

Mata tegang

Stres tidak hanya terjadi di keseluruhan tubuh, melainkan juga pada bagian-bagian tertentu yang spesifik. Jika digunakan secara berlebihan, misalnya terlalu banyak menatap layar komputer atau televisi, mata akan lebih mudah merasa lelah dan kedutan.

Kelelahan

Seringkali dikaitkan dengan stres, kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata. Tubuh yang lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan menimbulkan gejala juga pada kelopak mata.

Kurangnya Istirahat

Kedutan bisa diakibatkan oleh gangguan pada organ penglihatan kita yang bersifat sementara akibat kurang istirahat. Gangguan ini lebih parah, jika sudah menjalar ke otot sekitar bibir. Kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saraf kranial ke-7 di wajah oleh pembuluh darah arteri serebri anterior atau karena gangguan yang lain.
kalau begini, Tidurlah yang cukup dan teratur. Kalau berkutat di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata sejenak dengan cara melihat ke jauh depan, kemudian pejamkan. Kompresan air dingin baik juga diberikan untuk mengurangi peradangan. Jika kedutan masih berlanjut, konsultasi ke spesialis saraf.

Terjadinya Kontraksi

Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.

Stres dan Cemas

Jika terlalu banyak bekerja dan berada di bawah tekanan, tingkat stres seseorang akan meningkat. Sementara kedutan merupakan salah satu konsekuensi dari stres. Sebuah studi menunjukkan, saat stres, gejala kedutan cenderung akan menjadi lebih buruk.

Demikian artikel diatas. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Penyebab Mata Kedutan
Penyebab Mata Kedutan
Artikel "Penyebab Mata Kedutan" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized , permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-mata-kedutan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.