Home Penyakit Uncategorized Penyebab Nyeri Punggung

Penyebab Nyeri Punggung

Penyebab Nyeri Punggung-Nyeri punggung menjadi masalah umum bagi banyak orang dan walaupun nyeri punggung kita ketahui terjadi karena kurang berolahraga. Namun tidak hanya itu saja penyebab nyeri punggung.

Beberapa Penyebab Nyeri Punggung

Berikut akan saya paparkan mengenai beberapa hal penyebab nyeri punggung.

Menua

Umur yang semakin tahun semakin bertambah menyebabkan kelemahan otot-otot dan degenerasi jaringan ikat, yang akibatnya menyebabkan cakram antar ruas tulang belakang mudah menonjol keluar dan menekan saraf. Hal ini biasa terjadi akibat mengangkat barang yang terlalu berat dan ada baiknya jika akan mengangkat barang harusla diusahakan agar tulang punggung dalam posisi tegak.

Badan yang terlalu berat dan kekurangan gerak badan atau olahraga

Hal ini akan melemahkan otot abdominal (perut), yang justru sangat penting sekali dalam menolong untuk mendukung badan bagian belakang.

Ostheoarthritis

Penyakit ini dapat memberikan pengaruh kepada tulang rawan dan permukaan persendian dari belakang pada tingkat tertentu.

Ligamen (Jaringan Pengikat) yang putus

Ligamen yang mengikat tulang belakang dapat diterentangkan sedemikian panjang hingga menyebabkan terputusnya ligamen tersebut.

Osteoporosis

Kerapuhan tulang karena berkurangnya keseimbangan mineral dapat menyebabkan nyeri punggung biarpun ini tidak terjadi dalam bagian sumsum tulang belakang.

Ketegangan dan stres

Stres dapat menggiatkan ketegangan otot dan menyebabkan spasm pada otot.

Penyakit dalam

Terganggunya usus, batu ginjal, atau variasi dari kondisi lain dapat menghasilkan nyeri punggung.

Cara duduk

Duduk diatas kursi yang terlalu tinggi atau jauh dari tempat kerja, hingga badan harus maju kedepan dapat menyebabkan nyeri punggung.

Berdiri dan berjalan

Jika menyandarkan diri kedepan tanpa membengkokkan lutut, berdiri pada satu posisi dengan sangat lama, memiliki sikap badan/perawakan yang buruk, memakai sepatu yang tidak seimbang, maka semua hal ini dapat menyebabka nyeri punggung.

Tidur

Kasur yang kedodoran memberikan dukungan yang kecil untuk badan bagian belakang atau kebiasaan tidur diatas perut dapat mengakibatkan nyeri punggung.

 Mengendarai kendaraan

Duduk yang terlalu jauh dari kemudi menyebabkan anda harus merentangkan kaki untuk menginjak pedal gas, atau merentangkan tangan ke kemudi.

Faktor yang tidak dapat dijelaskan.

Banyak dokter yang mengakui 80% dari penyakit nyeri punggung tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Penyebab Nyeri Punggung
Penyebab Nyeri Punggung
Artikel "Penyebab Nyeri Punggung" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-nyeri-punggung.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.