Home Penyakit Jantung Koroner Penyebab / pemicu penyakit jantung

Penyebab / pemicu penyakit jantung

Dahulu, penyakit jantung tidak terlalu banyak diderita oleh manusia, namun dengan perkembangan jaman yang ada, seperti asap kendaraan bermotor & pabrik, terjadinya aktifitas dimalam hari sehingga harus bekerja diwaktu malam yang seharusnya menjadi waktu istirahat yang normal yang maksimal bagi manusia, terciptanya mesin-mesin canggih seperti mesin yang membantu membuat makanan cepat / fast food. Hal tersebut adalah perubahan lingkungan,  gaya hidup, pola makan yang menjadi penyebab utama dari meningkatnya penyakit jantung pada orang.

Lalu ada lagi seperti usia , hipertensi, gangguan irama jantung, kolesterol tinggi, diabetes, stres. Hal itu semua yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.
Namun kali ini kita hanya akan membahas tentang penyakit jantung, dan bila ada kesempatan, insya Allah akan diadakan pembahasan tentang penyakit stroke pula
Berikut tips untuk mencegah / mengurangi resiko penyakit jantung:

1. Olahraga teratur

Olahraga setiap hari selama 30 menit – 1 jam lebih baik daripada olahraga 2 kali setiap minggu selama 5 jam. Olahraga yang disarankan yakni jalan cepat, jogging selama 30 menit yang Anda lakukan paling tidak 5 kali dalam seminggu sudah cukup.
2. Memilih makanan yang bergizi dan sehat

Selalu, selalu sediakan sayuran, buah-buahan, makanan yang banyak mengandung serat dalam meja makan anda. Bila ingin makan daging, pilih yang tidak mengandung lemak. Memilih makanan yang sehat saja dapat menurunkan risiko serangan jantung 24 persen.

3. Menurunkan berat badan / diet sehat

Kegemukan atau disebut juga dengan Obesitas dengan segala akibatnya merupakan faktor risiko penting serangan jantung.

 

4. Jangan makan berlebihan

Meskipun anda memakan makanan sehat, bukan berarti anda sudah merasa aman. Penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia jaman sekarang ialah Makan berlebihan. dapat memacu serangan jantung. Nabi Muhammad menganjurkan, isilah sepertiga perutmu dengan makanan, sepertiganya air, dan sepertiga yang lain kosongkanlah. Serangan jantung sering terjadi 2 jam setelah Anda makan berlebiham. Lebih baik Anda makan sedikit, kemudian diulangi lagi.
5. Berhentilah merokok

Rokok dapat menyebabkan serangan jantung, hipertensi bla bla bla. Anda tentu pernah membaca tulisan seperti diatas bukan? Yang biasa sering muncul di televisi atau reklame serta bungkus rokok itu sendiri. Rokok masih dianggap sebagai faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Saya tidak merasa kasihan bila anda terkena penyakit karena anda merokok (karena anda yang memutuskan untuk tetap merokok setelah membaca beratus atau bahkan ribuan himbauan tentang bahaya dan resiko merokok dan itu memang urusan anda), namun yang harus dikasihani adalah orang disekitar anda !, seperti istri dan anak anda. Mereka terkena racun yang lebih mematikan dibanding anda perokok itu sendiri !

Alkohol / bir / minuman keras dapat menyebabkan penyakit jantung

6. Alkohol / minuman keras / minuman pemabuk

Minuman keras haram dan dilarang oleh agama. Dan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Jarang sikat gigi dapat menyebabkan penyakit jantung

7. Menjaga kesehatan gigi

Gigi juga dapat menjadi fokal infeksi yang bisa menyebar ke jantung. Gigi yang sehat dapat mencerminkan jantung yang sehat. Periksakan keadaan gigi Anda secara berkala ke dokter gigi.

8. Mencari informasi lengkap tentang penyakit jantung

Bila Anda memahami gejala serangan jantung dengan baik, risiko kematian Anda akibat serangan jantung juga menurun. Dengan mengenal gejala-gejala itu, tentu Anda akan leibih cepat mencari pertolongan. Mendapat pertolongan  yang cepat, dan tepat sangat menentukan hasil terapi yang diberikan.

Penyebab / pemicu penyakit jantung
Penyebab / pemicu penyakit jantung
Artikel "Penyebab / pemicu penyakit jantung" ditulis oleh admin update terakhir pada 26th February 2013 Categories Jantung Koroner , permalinks http://www.jamugodog.com/penyebab-pemicu-penyakit-jantung.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.