Home Penyakit Uncategorized Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan Pembuluh Darah-Penyakit jantung yang terkenal ialah “Thrombosis Koroner”. Ternyata disamping jantung memompa darah ke seluruh otot-otot dalam tubuh, jantungpun mengirim darah ke dinding otot jantung melalui jaringan arteri-arteri yang dibentuk oleh dua pembuluh darah koroner utama yaitu pembuluh darah koroner kanan dan pembuluh darah koroner kiri.

Penyempitan Pembuluh Darah

Lapisan paling dalam dari suatu arteri disebut intima yang dapat menebal oleh faktor usia, sama seperti karat pada besi yang diakibatkan oleh tuanya besi. Penebalan dan pengerasan pembuluh darah tersebut dikenal sebagai arteriosklerosis. Penyempitan pembuluh darah tersebut disebabkan oleh banyak hal, dan beberapa diantaranya sama sekali tidak dapat dihindarkan manusia yakni keturunan, usia, hormon, luka pada pembuluh darah, fungsi hati, dan infeksi. Tetapi ada juga yang disebabkan oleh diri sendiri yakni makan makanan yang mengandung kolestrol tinggi, serum lipid, tekanan darah, ketegangan, tubuh yang terlalu gemuk, merokok dan kurangnya aktifitas tidur.

Bila timbul penyempitan pembuluh darah akibat arteriosklerosis maka berkuranglah pengaliran darah yang melalui pembuluh darah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada intima yang mengakibatkan luka yang disebut athermata dan luka ini cenderung untuk membentuk penggumpalan darah yang disebut thrombus, yang dapat menyumbat pembuluh darah dijantung. Apabila ini sampai terjadi jantung akan menjadi lemah dan darah berhenti mendadak yang kemudian dapat menimbulkan thrombosis koroner sebagai akibat dari penyumbatan salah satu pembuluh darah koroner oleh sebuah gumpalan darah tersebut.

Penelitian ilmiah menunjukan bahwa olahraga menyebabkan terbukanya lebih banyak pembuluh darah. Bahkan jika kita berolahraga lama maka akan membentuk saluran darah tambahan didalam jantung. Aliran darah baru tersebut menyebabkan jantung tetap mendapatkan oksigen sehingga warnanya tetap merah jambu. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat memungkinkan hal tersebut dapat terjadi.
So? Jangan pernah malas untuk berolahraga.

Demikian artikel diatas. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Penyempitan Pembuluh Darah
Penyempitan Pembuluh Darah
Artikel "Penyempitan Pembuluh Darah" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penyempitan-pembuluh-darah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.