Home Penyakit Exim atau Eksim PERBEDAAN EKSIM KERING DAN EKSIM BASAH

PERBEDAAN EKSIM KERING DAN EKSIM BASAH

Penyebaran Penyakit Eksim

Untuk mengetahui perbedaan dari dua jenis penyakit eksim ini, diketahui terlebih dahulu bahwa biasanya penyakit ini muncul secara tiba-tiba, dan kita mulai tahu sedang terkena penyakit ini jika sudah mulai ada gejala seperti timbulnya bercak merah

yang agak menebal disertai bentol dan mengandung cairan. Gejala ini juga bisa muncul pada bagian tubuh mana saja seperti wajah, bentol di atas kaki, bentol merah di bagian paha atau lengan bagian atas. Beberapa hal tersebut yang termasuk dalam gejala penyakit eksim, dan dinegara kita ini jenis eksim yang paling umum adalah eksim kering dan eksim basah.

Perbedaan Eksim Kering dan Eksim Basah

Kemudian artikel ini akan coba membahas perbedaan dari dua jenis penyakit eksim ini, perbedaan yang akan dijelaskan juga merunut keterangan mengenai penyebab dan bagaimana cara untuk mengobatinya. Dan mengenai pengobatan, secara umum segela penyakit bisa saja disembuhkan jika belum terlambat dan asalkan melalui cara pengobatan yang sesuai, dan tidak terkecuali untuk penyakit ini.
Setelah mengetahui penjelasan di atas, kemudian akan kita lanjutkan kepada pokok bahasan mengenai perbedaan dua macam jenis penyakit eksim ini.

1.  Eksim Kering.

Ini adalah salah satu penyakit eksim dimana penderita mengalami rasa gatal dan penebalan pada bagian kulitnya yang juga disertai dengan berairnya bagian tersebut. Dan biasanya penyakit eksim kering ini terjadi pada penderita yang daya tahan tubuhnya kurang, penyakit eksim ini juga tidak menyebar namun menetap di satu daerah terkenanya. Adapun beberapa ciri dari penyakit eksim kering ini adalah sebagai berikut :

  • Warna dari bagian tubuh yang terkena eksim ini adalah hitam, dan warna hitam ini biasanya timbul jika penyakit eksim yang terjadi sudah dalam masa pengeringan atau dikatakan sebagai warna sel kulit yang mati.
  • Timbul rasa gatal yang tidak juga selalu muncul, dan sifat gatal ini biasanya muncul pada malam hari atau setelah penderita mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan rasa gatal misalnya seperti daging ayam, ikan lele dan ikan gurame.
  • Sifat dari eksim kering ini lebih lama dibandingkan jenis eksim lainya, bahkan bisa terjadi dalam waktu bertahun-tahun jika tidak segera diobati.

2. Eksim Basah.

Jenis eksim ini biasanya ditandai dengan warna yang memerah, mengandung cairan dan timbul juga bercak-bercak meskipun terjadinya belum terlalu lama. Jika mengalami penyakit eksim ini maka rasa gatal yang timbul akan lebih sering terjadi, bisa juga disebabkan oleh aktifitas dari bakteri yang menghinggapi kulit penderita eksim ini. Karena penyakit eksim ini juga bersifat mudah menyebar, maka penderita juga dianjurkan supaya jangan terlalu sering terkena air, sebab jika kulit yang terkena eksim basah maka akan sukar untuk diobati. Tapi penyakit eksim jenis ini dikategorikan sebagai penyakit eksim yang masih tergolong ringan.

Adapun beberapa ciri dari penyakit eksim basah ini diantara lain adalah :

  • Warna daru bagian kulit yang terkena eksim adalah merah, dan biasanya penyakit ini juga terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Penyebaran dari penyakit eksim ini lebih sering terjadi karena masuknya virus yang lebih sering terjadi pada jenis penyakit eksim ini.
  • Rasa gatal yang dialami penderita juga lebih sering terjadi dikarenakan jumlah virus atau kuman yang masuk pada bagian kulit yang terkena eksim jenis ini, oleh karena itu juga rasa gatalnya akan lebih terasa.

PERBEDAAN EKSIM KERING DAN EKSIM BASAH
PERBEDAAN EKSIM KERING DAN EKSIM BASAH
Artikel "PERBEDAAN EKSIM KERING DAN EKSIM BASAH" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 10th April 2013 Categories Exim atau Eksim permalinks http://www.jamugodog.com/perbedaan-eksim-kering-dan-eksim-basah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.