Home Penyakit Uncategorized Proses Penuaan

Proses Penuaan

Proses Penuaan – Semua manusia mengehendaki supaya memiliki umur yang panjang agar dapat merasakan memiliki anak, memeliki cucu, dan bericicit. Dengan terhindar dari berbagai penyakit dan tercapainya kesehatan yang sempurna, umur panjang akan anda nikmati dengan penuh kebahagiaan. Proses menua adalah masalah yang dihadapi oleh semua manusia. Dalam tubuh terjadi perubahan-perubahan struktural yang merupakan proses degeneratif. Misalnya, sel-sel mengecil atau menciut jumlah, jumlah sel berkurang, terjadi perubahan isi ata komposisi sel, pembentukan jaringan ikat baru menggantikan sel-sel yang menghilang atau menciut dengan akibat timbulnya kemunduran fungsi organ-organ tubuh.

Beberapa Proses Penuaan Pada Manusia !!!

Berikut akan saya paparkan tentang proses menua pada manusia:

  1. Kulit tubuh menjadi tipis, kering, keriput dan tidak elastis lagi. Tipis dan keriput karena hilangnya lapisan lemak dibawah kulit, tidak elastis lagi karena terbentuk jaringan ikat baru dibawahnya, dan kering disebabkan berkurangnya jumlah kelenjar keringat dan minyak dikulit.
  2. Rambut rontok, warnanya beralih menjadi putih, kering dan tidak mengkilat.
  3. Jumlah otot berkurang, ukuranya juga menciut (atriofi), sementara jumlah jaringan ikat bertambah. Volume otot secara keseluruhan menyusut dan fungsinya menurun, yang mengakibatkan kekuatan yang berkurang.
  4. Jantung yang terdiri dari otot-otot juga mengalami perubahan degeneratif. Ukuran jantung mengecil, demikian pula kekuatan memompa darah ke seluruh tubuh berkurang.
  5. Berbagai pembuluh darah nadi (arteri) penting, khusussnya yang dijantung dan otak, mengalami kekakuan.
  6. Terjadi degenerasi selaput lendir dan bulu getar saluran pernapasan. Dinding gelembung pernapasan (alveoli) menjadi kurang elastis dan ronggnya menjadi lebih luas. Akibatnya mudah terjadi radang dan infeksi saluran pernapasan maupun paru-paru.
  7. Kadar kapur (kalsium) dalam tulang menurun yang mengakibatkantulang menjadi keropos (osteoporosis) dan mudah patah. Gigi dan menjadi goyah dan satu persatu akan tanggal.
  8. Akibat degenerasi di persendian, permukaan tulang rawannya menjadi kasar. Bila tulang rawan tersebut hilang sama sekali, kedua ujung tulang yang keras saling bergesek yang mengakibatkan penyakit sendi yang disebut artrosis dan artritis.
  9. Kelenjar prostat yang membengkak, kemampuan seks yang menurun, saraf yang terganggu dengan adanya kemunduran fungsi otak oleh karena perubahan pada susunan saraf, dan juga gangguan dalam fungsi panca indera.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Proses Penuaan
Proses Penuaan
Artikel "Proses Penuaan" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/proses-penuaan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.