Home Penyakit RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

APA ITU RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

Peradangan yang terjadi pada organ pankreas serta terjadi secara tiba-tiba dan terkadang dapat menyebabkan kefatalan pada penderitanya disebut sebagai penyakit radang pankreas/pankreatitis akut.

PENYEBAB RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

Penyebab utama  terjadinya peradangan pada pankreas yaitu Batu empedu dan alkoholisme karena hampir 80% penderita radang pankreas/pankreatitis akut disebabkan oleh dua faktor tadi.
Batu empedu tertahan di sfingter Oddi sehingga menghalangi lubang dari saluran pankreas. Tetapi kebanyakan batu empedu akan lewat dan masuk ke saluran usus.
Meminum alkohol menyebabkan saluran kecil pankreas yang menuju ke saluran pankreas utama tersumbat, akhirnya menyebabkan pankreatitis akut.

GEJALA RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

Gejala radang pankreas/pankreatitis akut biasanya penderita mengalami nyeri yang hebat di perut atas bagian tengah, dibawah tulang dada (sternum). Nyeri sering menjalar ke punggung. Kadang nyeri pertama bisa dirasakan di perut bagian bawah.
Nyeri ini biasanya timbul secara tiba-tiba dan mencapai intensitas maksimumnya dalam beberapa menit. Nyeri biasanya berat dan menetap selama berhari-hari. Bahkan dosis besar dari suntikan narkotikpun sering tidak dapat mengurangi rasa nyeri ini.
Batuk, gerakan yang kasar dan pernafasan yang dalam, bisa membuat nyeri semakin memburuk. Duduk tegak dan bersandar ke depan bisa membantu meringankan rasa nyeri.

Sebagian besar penderita merasakan mual dan ingin muntah.

Penderita pankreatitis akut karena alkoholisme, bisa tidak menunjukkan gejala lainnya, selain nyeri yang tidak terlalu hebat.
Sedangkan penderita lainnya akan terlihat sangat sakit, berkeringat, denyut nadinya cepat (100-140 denyut per menit) dan pernafasannya cepat dan dangkal.

Pada awalnya, suhu tubuh bisa normal, namun meningkat dalam beberapa jam sampai 37,8-38,8? Celsius.
Tekanan darah bisa tinggi atau rendah, namun cenderung turun jika orang tersebut berdiri dan bisa menyebabkan pingsan.

Kadang-kadang bagian putih mata (sklera) tampak kekuningan.

20% penderita pankreatitis akut mengalami beberapa pembengkakan pada perut bagian atas.
Pembengkakan ini bisa terjadi karena terhentinya pergerakan isi lambung dan usus (keadaan yang disebut ileus gastrointestinal) atau karena pankreas yang meradang tersebut membesar dan mendorong lambung ke depan.
Bisa juga terjadi pengumpulan cairan dalam rongga perut (asites).

Pada pankreatitis akut yang berat (pankreatitis nekrotisasi), tekanan darah bisa turun, mungkin menyebabkan syok.
Pankreatitis akut yang berat bisa berakibat fatal.

PANTANGAN MAKANAN RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT

Untuk penderita akut, sebaiknya jangan diberi makanan atau minuman terlebih dahulu, karena pankreas akan menghasilkan banyak enzim jika diberi makanan atau minuman. pemberian zat gizi dan cairan bisa dilakukan melalui infus.

RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT
RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT
Artikel "RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT" ditulis oleh admin update terakhir pada 21st March 2012 Categories RADANG PANKREAS/ PANKREATITIS AKUT permalinks http://www.jamugodog.com/radang-pankreas-pankreatitis-akut.html di

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.