Home Penyakit Uncategorized RADANG USUS BUNTU (APPENDICITIS) PADA ANAK

RADANG USUS BUNTU (APPENDICITIS) PADA ANAK

Pengertian Radang Usus Buntu Pada Anak

Usus buntu atau di kenal dengan apendiks sering dianggap sebagai organ yang tak berguna. ternyata usus buntu berperan mengembalikan populasi bakteri menguntungkan bagi manusia. Usus buntu juga ber peran sebagai tempat di mana bakteri baik dapat hidup aman dan tidak terganggu sampai mereka dibutuhkan oleh tubuh.  Penyakit radang usus buntu atau Appendicitis adalah radang yang terjadi di dalam usus buntu yang diakibatkan oleh makanan yang tidak terjaring oleh lambung sebagai pendukung struktur tubuh.

Penyebab Radang Usus Buntu Pada Anak

Penyakit radang usus buntu atau Appendicitis pada umumnya diakibatkan oleh infeksi bakteri. Selain itu , faktor  obstruksi  pada lumen appendiks oleh fekalit, hyperplasia jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, cancer primer dan striktur yangtersasar memasuki usus buntu maka dapat menimbulkan kejadian penyakit radang usus buntu.Selain penyebab di atas, usus buntu juga disebabkan oleh pola mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh lambung sehingga terus melewati proses pencernaan dan masuk ke usus buntu.

Diagnosa Radang Usus Buntu Pada Anak

Beberapa jenis pemeriksaan yang telah dilakukan oleh para medis dan praktisi kesehatan gun mendiagnosa penyakit radang usus buntu pada pasien. Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya adalah pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiology dan scanning.

Gejala Radang Usus Buntu Pada Anak

  • Sakit perut, terutama dimulai di sekitar pusar dan bergerak menuju ke samping kanan bawah perut penderita
  • Nafsu makan para penderita menurun drastis.
  • Mual-mual dan muntah.
  • Sering buang angin atau diare sembelit
  • Demam ringan atau rendah setelah gejala lain muncul
  • Perut terlihat membengkak.

Pengobatan herbal Radang Usus Buntu Pada Anak

Radang usus buntu akut tidak dapat disembuhkan dengan pemberian obat walaupun pemberian obat terutama antibiotik diperlukan untuk memperbaiki keadaan penderita sebelum dan sesudah operasi. Operasi usus buntu adalah jalan terakhir untuk menyelamatkan para penderita usus buntu.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

RADANG USUS BUNTU (APPENDICITIS) PADA ANAK
RADANG USUS BUNTU (APPENDICITIS) PADA ANAK
Artikel "RADANG USUS BUNTU (APPENDICITIS) PADA ANAK" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 25th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/radang-usus-buntu-appendicitis-pada-anak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.