Home Penyakit REGURGITASI REGURGITASI

REGURGITASI

APA ITU REGURGITASI

Pernahkah balita atau bayi anda mengalami Gumoh atau Regurgitasi ketika meminum ASI? tentu sebagian ibu sudah pernah melihat kejadian ini.

Regurgitasi atau yang sering kita dengar dengan nama Gumoh adalah Keluarnya isi didalam lambung. Selain makanan dan minuman  isi regurgitasi juga mengandung asam lambung melalui mulut akibat belum sempurnanya katup antara lambung dan kerongkongan.

Regurgitasi merupakan keadaan yang normal, namun jika sering dan berlebih dapat mengakibatkan komplikasi sehingga akan mempengaruhi faktor pertumbuhan pada bayi anda. maka para ibu harus lebih peduli pada kejadian tersebut. bila regurgitasi mengakibatkan komplikasi pada bayi, segeralah menghubungi dokter anak atau bidan terdekat.

PENYEBAB DAN GEJALA REGURGITASI

Regustrasi pada bayi yaitu 70% bayi berumur di bawah 4 bulan mengalami regurgitasi minimal 1 kali setiap harinya dan kejadian tersebut menurun sesuai dengan bertambahnya umur hingga mencapai 4-7% pada umur 9-12 bulan. Walaupun demikian, hanya sekitar 25% orangtua menganggap regurgitasi sebagai suatu masalah.

Keadaan tersebut akan menyebabkan rasa nyeri bila kerongkongan dilalui oleh minuman/makanan, sehingga bayi akan rewel bila diberi minum, menolak minum, perdarahan saluran cerna, dan pada keadaan lanjut dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan akibat ’masukan’ makan yang kurang.

Gejala klinis  akibat regurgitasi komplikasi adalah  rewel, menolak minum, terdapat bercak darah dalam muntahan, atau pertumbuhan terganggu.

 

 

REGURGITASI
REGURGITASI
Artikel "REGURGITASI" ditulis oleh admin update terakhir pada 29th March 2012 Categories REGURGITASI permalinks http://www.jamugodog.com/regurgitasi.html di

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.