Home Penyakit Uncategorized Resiko Kegemukan

Resiko Kegemukan

Resiko Kegemukan- Betapa anda sering mendengar bahwa gemuk diidentifikasikan dengan sehat dan kemakmuran. Betapa mereka memandang, orang gemuk lebih berwibawa dibanding dengan orang kurus. Tetapi anggapan ini telah mulai berubah dan banyak yang melihat bahwa gemuk bukanlah faktor yang menarik.

Resiko Masalah Kegemukan Untuk Kesehatan

Masalah kegemukan atau obesitas, rupanya menarik perhatian para peneliti. Berbagai penelitian menunjukan bahwa tidak selamanya gemuk berarti sehat, bahkan kemungkinan sakit pada orang gemuk lebih banyak dari orang kurus. Dr Harold Shryock mengutip bukti stastik dari penelitian perusahaan asuransi di Amerika yang menunjukan bahwa seorang yang beratnya 10-19% lebih tinggi dari berat normal mempunyai jumlah kematian sepertiga lebih tinggi dari mereka yang mempunyai berat badan normal, sedangkan merkea yang beratnya 20% atau lebih dari berat normal, mempunya persentase kematian setengah lebih tinggi dari mereka yang mempunyai berat normal.

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa untuk negara industri yang maju, kegemukan adalah penyebab utama dari penyakit. Kegemukan menambah resiko untuk mendapatkan penyakit jantung, diabetes, naiknya kolestrol, dam trigliserida. Tidak hanya itu, kegemukan menambah resiko kanker prostat dua setengah kali lipat, dan kanker dubur tiga kali lipat lebih banyak dari orang biasa.

Penelitian di Jepang akhir-akhir ini menunjukan bahwa kegemukan memberikan resiko untuk mendapat kanker payudara 3,8 lebih besar dari pada orang normal, bahkan disebutkan seseorang yang mempunyai berat badan 25 kg lebih lebih dari norlam mempunyai kemungkinan untuk mendapatkan kanker endometrium pada uterus 10x lipat lebih besar.

Menurut Nishimaru Shinva dalam bukunya “41 Years Of Life”mengemukakan bahwa separuh dari rakyat Jepang yang lahir setelah tahun 1959, akan mati pada umur 41 tahun dikarenakan terpengaruh budaya barat yang banyak mengubah kebiasaan makan menjadi makan makanan yang mengandung lemak dan berakibat pada naiknya lemak orang Jepang dair 5% pada tahun 1950 menjadi 30% di tahun 1990.

Berbagai penelitian dan laporan tersebut diatas seharusnya memberikan kita sebuah pelajaran agar berhati-hati dengan berat badan dan berusaha mencapai berat badan yang ideal. Sehat selalu Indonesiaku.
Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Resiko Kegemukan
Resiko Kegemukan
Artikel "Resiko Kegemukan" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/resiko-kegemukan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.