Home Penyakit Robekan Pada Kerongkongan Robekan Pada Kerongkongan

Robekan Pada Kerongkongan

Apa Itu Robekan Pada Kerongkongan

Kerongkongan merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam membantu perkembangan di dalam tubuh. Bila kita makan dan menelan pasti makanan dan minuman yang kita telan akan meleweti kerongkongan terlebih dahulu sebelum ke organ-organ yang lainnya.

Nah, bagaimana jika kerongkongan kita bermasalah? pasti kita akan merasa tersiksa dan tentunya mempengaruhi metabolisme tubuh kita. Salah satu Kelainan yang terjadi pada kerongkongan yaitu adanya Robekan pada kerongkongan atau dalam istilah medis disebut Sindroma Mallory-Weiss.

Sindroma Mallory-Weiss atau robekan pada kerongkongan adalah suatu keadaan dimana adanya luka lecet atau robek  pada kerongkongan bagian bawah dan diantara lambung bagian atas.

Penyebab dan Gejala Robekan Pada Kerongkongan

Terjadinya robekan pada kerongkongan disebabkan oleh keadaan muntah-muntah dan cegukan yang terlalu lama, sehingga mengalami lecet dan sedikit robekan pada kerongkongan.

Rontgen belum bisa menditeksi secara langsung adanya robekan pada kerongkongan, harus diditeksi dengan cara pemeriksaan esofagoskopi atau arteriografi.

Gejala awal yang dialami oleh para penderita Sindroma Mallory-Weiss yaitu terjadinya pendarahan pada pembuluh arteri.

Pecah kerongkongan menyebabkan peradangan jaringan dada di luar kerongkongan dan memungkinkan cairan masuk ke ruangan di antara pleura yang membungkus paru-paru (efusi pleura).

Pantangan Makanan Robekan Pada Kerongkongan

Tidak ada pantangan makanan khusus untuk penderita Sindroma Mallory-Weiss atau  Robekan Pada Kerongkongan. Namun disarankan bila penderita sedang mengalami muntah-muntah dan cegukan segeralah diatasi agar tidak terjadi luka pada daerah sekitar kerongkongan.

 

Robekan Pada Kerongkongan
Robekan Pada Kerongkongan
Artikel "Robekan Pada Kerongkongan" ditulis oleh admin update terakhir pada 12th April 2012 Categories Robekan Pada Kerongkongan permalinks http://www.jamugodog.com/robekan-pada-kerongkongan.html di

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.