Home Penyakit Eksim (Dermatitis Atopik) SAKIT EXIM

SAKIT EXIM

Pengertian Sakit Exim

Berdasarkan asal katanya penyakit ini juga memiliki istilah lain yaitu penyakit eksema atau dermatitis, yang jika diartikan adalah penyakit dimana penderitanya mengalami peradangan hebat pada bagian kulitnya, hingga kemudian dapat menyebabkan pembentukan lepuhan atau gelembung kecil pada kulit, jika terus dibiarkan maka gejala ini akan pecah hingga mengeluarkan cairan. Selain itu penyakit exim juga digunakan untuk kondisi tubuh penderita yang menyebabkan perubahan pada pola kulit atau menimbulkan perubahan spesifik pada bagian permukaan. Berdasarkan asal katanya juga penyakit ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya mendidih atau mengalir keluar.

Jenis Sakit Exim

Ada beberapa macam jenis atau tipe sakit Exim, yang diantaranya adalah :

  1. Dermatitis Atopik. Adalah salah satu jenis penyakit eksim yang lebih sering terjadi dan diakibatkan oleh penyakit keturunan. Biasanya penyakit ini terjadi pada saat penderitanya masih bayi, dengan gejala yang dirasakan berupa rasa gatal, peradangan kulit dan bisa juga hingga menyebabkan penderita mengalami penyakit asma dan demam.
  2. Dermatitis Kontak. Jenis penyakit dermatitis yang termasuk didalamnya adalah jenis dermatitis kontak alergi dan iritan. Mengenai penyakit dermatitis alergik biasanya disebabkan oleh reaksi kekebalan tubuh penderita yang tertunda, bisa juga disebabkan oleh kontak kulit penderita dengan senyawa alergenik, jika sudah begitu maka kulit penderita akan meradang . Beberapa zat yang bisa menjadi penyebab penyakit ini diantara lain adalah jelatang, parfum, alat kosmetik, metal dan pewarna. Selain itu penyakit ini diyakini juga terjadi karena ada paparan senyawa iritan yang kemudian dapat merusak kulit secara kimiawi.
  3. Eksim Numular. Ini adalah penyakit eksim yang terdiri dari beberapa plak dan biasanya juga berhubungan dengan kulit penderita yang kering serta terjadi pada bagian tubuh luar kaki, tangan dan lengan.
  4. Exim Statis. Ini adalah salah satu jenis penyakit exim kronis dimana bagian tubuh yang biasa terkena penyakit ini adalah pada daerah bagian bawah kaki atau bagian dalam yang terkena varises.

Gejala Sakit Exim

Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan mengalami gejala yang beberapa diantaranya adalah kulit penderita yang terlihat memerah, kering dan bersisik. Jika terus dibiarkan maka gejala berlanjut pada rasa gatal dan daerah tubuh yang terkena biasanya pada bagian tangan dan kaki. Jika penyakit ini sudah termasuk kronis maka rasa gatal yang dialami akan semakin hebat, kulit penderita juga akan lebih sensitive terhadap bahan tertentu seperti kain wol atau ruangan udara yang kering.

Pengobatan Sakit Exim

Tujuan dari pengobatan penyakit ini adalah untuk menghilangkan gejala rasa gatal, sehingga infeksi selanjutnya juga bisa dihindari. Dan untuk gejala kulit penderita yang terasa kering dan gatal, maka penderita akan dianjurkan untuk menggunakan krim pelembab atau obat dalam bentuk lotion. Tujuan dari penggunaan obat pelembab ini adalah supaya kulit penderita menjadi lembab. Sedangkan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan, biasanya penderita akan diberikan obat salep atau krim yang mengandung hydrokortison atau yang mengandung kortikosteroid.

Pencegahan Sakit Exim

Telah diketahui bahwa salah satu hal yang menjadi penyebab penyakit ini adalah karena faktor keturunan, tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah, dalam artian diyakini bahwa selama penyakit ini tidak ada pencetusnya maka kemungkinan besar penyakit eksim tidak akan terjadi. Atau contoh kongkritnya adalah jika penderita sudah mengalami gejala berupa kulitnya yang gatal dan memerah maka sebaiknya langsung diketahui apa yang kira-kira menjadi penyebabnya. Misalnya jika hal ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, maka sebaiknya penderita harus segera menghindari makanan tersebut. Tujuanya supaya penyakit ini tidak terus terjadi dalam waktu yang berkepanjangan.

SAKIT EXIM
SAKIT EXIM
Artikel "SAKIT EXIM" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 12th April 2013 Categories Eksim (Dermatitis Atopik) permalinks http://www.jamugodog.com/sakit-exim.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.