Home Penyakit Uncategorized Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak

Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak

Pengertian Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak

Ini adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk melihat keadaan diseluruh area tubuh seperti otak, dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi daripada menggunakan metode diagnosis sinar x yang konvensional.

Alasan Dilakukan Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak

Ada beberapa alasan dilakukan pemeriksaan ini, yang diantaranya adalah untuk memeriksa fungsi otak, untuk menemukan adanya tumor dan hal atau kelainan lain yang terjadi di otak, untuk memonitor efek operasi atau radioterapi dan kemoterapi. Selain itu, metode diagnosis ini juga dilakukan untuk mendiagnosis adanya penggumpalan darah yang terjadi setelah terjadinya luka di kepala.

Proses Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak

Sebelum dilakukanya pemeriksaan, penderita harus terlebih dahulu mengetahui hal penting yang berhubungan dengan pemeriksaan ini yang diantaranya adalah :

  1. Penderita tidak perlu membatasi makanan jika dalam pemeriksaan ini tidak menggunakan cairan kontras. Namun jika dalam pemeriksaan menggunakan cairan kontras, maka penderita diharuskan berpuasa selama beberapa jam sebelum pemeriksaan dilakukan.
  2. Jika penderita diinjeksikan cairan kontras, maka akan terasa efek samping seperti hangat dan mengalami sakit kepala singkat. Penderita juga akan merasakan mual dan muntah.
  3. Pemeriksaan yang menggunakan sinar x ke otak ini juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.
  4. Jika penderita diminta untuk menandatangani surat persetujuan yang berhubungan dengan pemeriksaan ini, maka penderita harus benar-benar memahami isi surat tersebut sebelum membubuhkan tanda tangan.

Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak
Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak
Artikel "Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Otak" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/scanning-tomografi-terkomputerisasi-pada-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.