Home Penyakit Uncategorized Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas

Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas

Pengertian Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas

Ini adalah pemeriksaan terkomputerisasi yang tujuanya adalah untuk memeriksa saluran empedu dan hati. Dalam pemeriksaan ini sinar x akan dipancarkan melewati tubuh dan menunjukkan perbedaan densitas jaringan, kemudian jaringan akan muncul pada layar computer. Penderita juga akan diberikan cairan kontras secara intraverna atau oral yang tujuanya adalah menonjolkan citra pada saat akan dilihat menggunakan sinar x.

Alasan Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas

Ada beberapa alasan mengapa pemeriksaan ini harus dilakukan, yang diantaranya adalah untuk mendeteksi penyakit jantung dan hati, membedakan tipe yang berbeda dari penyakit kuning atau hepatitis, memastikan dengan tepat kerusakan yang terdiagnosis dan mendeteksi penggumpalan darah setelah adanya luka pada daerah perut.

Proses Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas

Sebelum dilakukanya pemeriksaan, penderita harus terlebih dahulu mengetahui hal penting yang berhubungan dengan pemeriksaan ini yang diantaranya adalah :

  1. Pemeriksaan ini membutuhkan waktu sekitar 90 menit.
  2. Jika penderita diinjeksikan cairan kontras, maka akan terasa efek samping seperti hangat dan mengalami sakit kepala singkat. Penderita juga akan merasakan mual dan muntah.
  3. Penderita dianjurkan untuk tenang dan menahan nafas dalam waktu-waktu tertentu.
  4. Jika penderita diminta untuk menandatangani surat persetujuan yang berhubungan dengan pemeriksaan ini, maka penderita harus benar-benar memahami isi surat tersebut sebelum membubuhkan tanda tangan.
Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas
Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas
Artikel "Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Pankreas" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/scanning-tomografi-terkomputerisasi-pada-pankreas.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.