Home Penyakit Uncategorized Selulitis Orbitalis

Selulitis Orbitalis

Pengertian Selulitis Orbitalis

Ini adalah penyakit dimana penderita mengalami kondisi berupa infeksi yang terjadi pada jaringan di sekitar bola mata.

Penyebab Selulitis Orbitalis

Diketahui yang menjadi penyebab penyakit ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Adapun infeksi ini bisa berasal dari sinus, gigi penderita atau aliran darah. Masih ada penyebab lain, yaitu karena penderita mengalami cedera pada matanya. Secara khusus jika yang menjadi penderita ini adalah anak-anak maka diduga penyakit ini disebabkan oleh infeksi sinus yang disebabkan oleh virus  jenis Hemophilus influenzae. Selain itu masih ada bakteri lain yang  menjadi penyebab yaitu jenis Staphylococcus aureus.

Gejala Selulitis Orbitalis

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti nyeri hebat dan mata penderita yang menonjol, selain itu pergerakan mata penderita juga terbatas dan kelopak mata membengkak.

Diagnosa Selulitis Orbitalis

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini juga didiagnosis untuk menemukan gejala dan penyebabnya melalui pemeriksaan fisik. Dan khusus untuk penyakit ini, penderita didiagnosis untuk menentukan penyebabnya melalui rontgen gigi dan rontegn mulut atau CT scan pada sinus. Contoh jaringan yang diperiksa dalam metode diagnosis ini adalah selaput mata, kulit, darah, tenggorokan atau sinus yang dibiakkan di laboratorium untuk menentukan bakteri penyebab infeksi.

Cara Mengobati Selulitis Orbitalis

Secara medis, metode pengobatan yang dilakukan terhadap penderita jika penyakit ini

masih termasuk ringan adalah memberikan obat antibiotik secara oral, sedangkan jika penyakit ini termasuk berat maka metode pengobatan yang diberikan adalah pemberian obat antibiotik secara intravena atau melalui pembuluh darah. Terkadang untuk penyakit ini yang sudah termasuk berat maka perlu dilakukan pembedahan yang tujuanya adalah untuk membuang nanah atau mengeringkan sinus penderita yang terinfeksi.

Selulitis Orbitalis
Selulitis Orbitalis
Artikel "Selulitis Orbitalis" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 21st January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/selulitis-orbitalis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.