Home Penyakit Uncategorized Sinar-X Pada Jantung

Sinar-X Pada Jantung

Pengertian Sinar-X Pada Jantung

Ini adalah pemeriksaan menggunakan sinar X yang dilakukan pada organ jantung penderita dan tujuanya adalah untuk mengevaluasi penyakit jantung yang dialami penderita beserta efeknya pada pembuluh darah yang ada di paru. Pemeriksaan ini juga akan menunjukkan gambaran thoraks, jantung dan paru.

Fungsi Sinar-X Pada Jantung

Pemeriksaan ini dirasa perlu dilakukan karena ada beberapa hal yang melatarbelakanginya seperti untuk membantu team medis untuk mendeteksi penyakit jantung dan ketidak normalan lain yang membuat bentuk jantung membesar dan berubah, selain juga untuk memeriksa koreksi letak arteri pulmonum dan kateter jantung serta kawat pacu jantung.

Persiapan Sinar-X Pada Jantung

Ada beberapa hal yang harus diketahui penderita sehubungan dengan pemeriksaan ini dan sebelum pemeriksaan ini dilakukan, yang diantaranya adalah penderita harus mengetahui segala hal yang berhubungan dengan pemeriksaan ini seperti siapa yang akan melakukanya, dimana akan dilakukan pemeriksaan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan ini. Selain itu penderita juga harus menanggalkan semua perhiasan atau benda-benda yang dapat menghambat jalanya pemeriksaan.

Hal Yang Terjadi Selama Pemeriksaan Berlangsung

Ada beberapa hal yang terjadi selama pemeriksaan ini sedang berlangsung, dan hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Penderita akan diminta untuk berdiri sekitar 2 meter dari mesin ninar x dengan punggung yang menghadap mesin dan dagu pada ujung atas alat pemegang kaset film.
  2. Alat pemegang ini akan disesuaikan untuk membuat leher penderita ekstensi ringan dan kemudian tangan penderita diminta untuk bercakak pinggang dengan bahu menyentuh alat pemegang dan pusat dada yang berhadapan denganya. Penderita akan diminta untuk mengambil nafas dalam dan kemudian menahanya pada saat sinar x sedang dipaparkan.

Sinar-X Pada Jantung
Sinar-X Pada Jantung
Artikel "Sinar-X Pada Jantung" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/sinar-x-pada-jantung.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.