Home Penyakit Imunisasi Sistem imunisasi

Sistem imunisasi

Imunisasi atau kekebalan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan saat anak kita menjelang umur tertentu. Tanpa melakukan imunisasi, tubuh anak menjadi rawan terkena penyakit. Ini salah satu syarat anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.
Menurut Dr.Dwi Putro Widodo, Sp.A (K) dari staf neurologi anak dari RSCM Jakarta , sistem imunitas yang baik berbanding lurus dengan kesehatan dan kecerdasan anak. Apa artinya? artinya adalah dengan memiliki fisik prima dan daya tahan tubuh yang maksimal, anak kita dapat belajar berexplorisasi atau berkreasi tanpa batas karena kuman / penyakit yang susah untuk menjangkiti tubuh kita karena sudah diimunisasi.

Orangtua bisa membantu meningkatkan imunitas anak dengan memberikan nutrisi yang tepat karena konsumsi makanan bergizi berhubungan erat dengan daya tahan tubuh.

ASI pada bayi termasuk memiliki sistem imunisasi. Selain zat gizi, ASI mengandung berbagai zat untuk melawan infeksi. Penelitan menunjukkan, dengan ASI, daya tahan bayi lebih tinggi daripada anak yang tidak diberi ASI. Jadi selalu beri bayi anda dengan ASI.

Setelah masa ASI selesai, pastikan makanan yang dikonsumsi anak mengandung berbagai zat gizi seimbang. makanan anak wajib mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral.

Selain itu, si kecil juga membutuhkan prebiotik, antioksidan, vitamin C dan E untuk mendukung daya tahan tubuhnya dan mendukung sistem pencernaan yang sehat. S

Buah dan sayuran sudah memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan anak

Zat-zat penting tersebut dipenuhi seluruhnya oleh buah-buahan dan sayuran, tapi anda perlu bekerja ekstra keras karena tidak semua anak ingin makan sayur. Anda perlu membujuk dan membiasakan anak anda agar makan sayur. Saat mengajak atau memerintah anak untuk makan, lakukan saat ia sedang rileks. Bila kita menyuruh ia makan saat sedang bermain, maka secara naluri anak akan berontak jadi anak perlu memilih waktu yang tepat.

Selain nutrisi yang bergizi, Diatasnya lagi pada awal tulisan ini menghimbau bahwa menjaga daya tahan tubuh anak adalah imunisasi. Tujuan imunisasi adalah agar zat kekebalan tubuh anak terbentuk, sehingga ia dapat terhindar oleh penyakit.

Sistem imunisasi
Sistem imunisasi
Artikel "Sistem imunisasi" ditulis oleh admin update terakhir pada 18th February 2013 Categories Imunisasi permalinks http://www.jamugodog.com/sistem-imunisasi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.