Home Penyakit Uncategorized Biologi Sistem Pencernaan

Biologi Sistem Pencernaan

Pengertian Sistem Pencernaan

Yang mengatur segala hal berhubungan dengan pengolahan makanan atau zat masuk ke

dalam tubuh manusia adalah sistem ini, dimana sistem pencernaan juga dapat diartikan lain sebagai suatu system jaringan pencernaan tubuh yang secara alami sudah dirancang sedemikian rupa untuk zat-zat makanan yang sudah masuk ke tubuh supaya dapat dirubah menjadi sumber tenaga penting ketika manusia melakukan aktifitas dalam hidupnya. Sistem pencernaan yang menerima makanan setelah dikunyah mulut dan mengalir melalui kerongkongan, dalam sistem ini makanan tersebut akan dipecah-pecah supaya zat gizi yang terdapat di dalamnya dapat dicerna oleh berbagai organ seperti lambung dan lain sebagainya. Sedangkan yang sama sekali tidak dapat dicerna akan dibuang melalui alat pembuangan seperti anus dan dubur.

Gejala Gangguan Sistem Pencernaan

Jika sistem pencernaan manusia mengalami gangguan, maka hal tersebut dapat dimulai atau terjadi pada bagian-bagian luar sistem tersebut seperti pada mulut, gigi, lidah, atau tenggorokan, atau alat pendernaan bagian sistem tersebut seperti lambung dan usus. Secara khusus gejala yang terjadi seperti panas dalam, mulut yang mengalami luka, lidah yang melepuh, tenggorokan sempit, sakit atau infeksi yang terjadi pada lambung dan usus.

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Jika sudah mengalami gejala gangguan pada salah satu sistem pencernaan maka patut disadari bahwa hal tersebutb dapat terjadi karena dipengaruhi oleh jenis makanan yang pernah dikonsumsi dimana mengandung zat yang bisa saja sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Diagnosis Sistem Pencernaan

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini juga didiagnosis untuk menemukan gejala dan penyebabnya, dan tentu saja tiap diagnosis akan berupa pemeriksaan terhadap daerah spesifik yang terkena. Dan khusus untuk penyakit ini maka daerah tubuh yang diperiksa adalah bagian sistem pencernaan dalam seperti lambung dan usus.

Pengobatan Sistem Pencernaan

Secara medis diketahui bahwa penderita penyakit ini diobati dengan obat jenis antibiotic atau obat penyakit sistem pencernaan dalam. Merode pengobatan medis lain adalah berupa anjuran supaya penderita mengkonsumsi makanan yang bergizi dan higienis supaya dapat menghindari gejala penyakit ini semakin akut.

Biologi Sistem Pencernaan
Biologi Sistem Pencernaan
Artikel "Biologi Sistem Pencernaan" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 24th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/sistem-pencernaan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.