Home Penyakit Uncategorized Sterilisasi

Sterilisasi

Pengertian Sterilisasi

Yang dimaksudkan dengan Sterilisasi (atau sterilisasi) adalah istilah yang mengacu pada setiap proses yang menghilangkan atau membunuh semua bentuk kehidupan mikroba, termasuk agen menular (seperti jamur, bakteri, virus, bentuk spora, dll) hadir di permukaan, yang terkandung dalam cairan, dalam pengobatan, atau senyawa seperti media kultur biologis. Sterilisasi dapat dicapai dengan menerapkan kombinasi yang tepat dari panas, bahan kimia, radiasi, tekanan tinggi, dan filtrasi. Istilah telah berkembang untuk memasukkan menonaktifkan atau penghancuran protein menular seperti prion terkait dengan encephalopathies spongiform menular .Sterilisasi merupakan Metode praktis yang dirancang untuk membersihkan dari mikroorganisme, atau sengaja untuk menghambat pertumbuhannya, yang nyata dari kepentingan dasar di banyak keadaan. Jenis dari mikroorganisme sangat berbeda dalam kelemahannya terdapat berbagai macam agen antimikroba, dan lebih banyak lagi, afek yang praktis dari agen ini pada adanya keadaan nyatayang sangat besar dipengaruhi oleh keadaan sekitar. Banyak yang akan bertahan, contohnya, pada cuaca tertentu organisme memiliki kulit, pada beberapa tubuh zat cair atau pada udara, Air, makanan, kotoran, atau ruangan berdebu.

Cara Kerja Sterilisasi

Proses sterilisasi adalah cara kerja agar terhindar dari kontaminasi, cara kerja steril ini digunakan pada pembuatan media, pemeriksaan kultur dan pembuatan preparat. Sterilisasi dapat dilakukan secara Fisik di bagi menjadi beberapa bagian antara lain

  • dengan ”Hot air Sterilization” oven. Bahan dari gelas dibungkus dengan alumunium foil, suhu 170-250°C selama 2 jam.
  • panas basah dengan tekanan, suhu 121°C selama 15 menit. Alat yang digunakan adalah autoclave, caranya: alat-alat gelas dibungkus lagi dengan alumunium foil.
  • Pressure Cooker, caranya: panaskan air mendidih, biarkan klep uap terbuka agar keluar uap kemudian klep uap ditutup, lihat suhu dan tekanan, bila suhu telah 121°C dengan tekanan 1,5 atm, dijaga konstan selama 15 menit. Kemudian buka klep uap hingga tercapai tekanan nol, dan setelah suhu mencapai suhu kamar, alat dan bahan dikeluarkan.
Sterilisasi
Sterilisasi
Artikel "Sterilisasi" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 28th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/sterilisasi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.