Home Penyakit Thalassemia Thalassemia

Thalassemia

Segala macam Penyakit pasti ada obatnya. Semua orang yang mengalami sakit, pasti menginginkan untuk segera sembuh, dan melakukan berbagai cara untuk menjadi sehat kembali, Baik itu mengkonsumsi obat kimia yang berada banyak di pasaran, atau menghubungi dokter dan meminta resep obat dari dokter. Namun terkadang obat kimia mempunyai efek samping, yang mungkin bisa membahayakan tubuh. Oleh karena itu, disini, kami memberikan solusi yang tepat, dengan mengobati berbagaipenyakit tanpa efek samping. Jamu GodogĀ  terbukti ampuh menyembuhkan segala macam penyakit seperti penyakit Thalassemia. Sudah saatnya Kita kembali ke alam.

Apa Itu Thalassemia

Suatu penyakit kelainan darah disebut Thalassemia. Penderita Thalassemia mengalami ketidakseimbangan dalam produksi hemoglobin (Hb) karena ia tidak mampu memproduksi protein alpha/protein beta dalam jumlah yang cukup.Bagi penderita Thalassemia yang sudah berdarah, penderita membutuhkan transfusi darah secara teratur dan mengontrol makanannya.

Penyebab Penyakit Thalassemia

Thalasemia digolongkan bedasarkan rantai asam amino yang terkena. 2 jenis yang utama adalah Alfa-thalassemia (melibatkan rantai alfa) dan Beta-thalassemia (melibatkan rantai beta). Thalassemia juga digolongkan berdasarkan apakah seseorang memiliki 1 gen cacat (Thalassemia minor) atau 2 gen cacat (Thalassemia mayor).

Ketidakseimbangan dalam rantai protein globin alfa dan beta, yang diperlukan dalam pembentukan hemoglobin, disebabkan oleh sebuah gen cacat yang diturunkan. Untuk menderita penyakit Thalassemia, seseorang harus memiliki 2 gen dari kedua orang tuanya. Jika hanya 1 gen yang diturunkan, maka orang tersebut hanya menjadi pembawa tetapi tidak menunjukkan gejala-gejala dari penyakit ini.

Sekitar 10% orang yang memiliki paling tidak 1 gen untuk alfa-thalassemia juga menderita anemia ringan.
Thalasemia juga bisa diturunkan oleh orang tua yang menderita penyakit ini kepada anaknya. Jika ayah dan ibu menderita thalassemia maka kemungkinan anaknya untuk membawa sifat talasemia sebesar 50%. Di Indonesia ditemukan ada 6-10% pembawa Thalassemia, artinya dari setiap 100 orang 6-10 orang adalah pembawa sifat thalassemia.

Alfa-thalassemia paling sering ditemukan pada orang kulit hitam (25% minimal membawa 1 gen), dan beta-thalassemia pada orang di daerah Mediterania dan Asia Tenggara. 1 gen untuk beta-thalassemia menyebabkan anemia ringan sampai sedang tanpa menimbulkan gejala; 2 gen menyebabkan anemia berat disertai gejala-gejala.

Gejala Penyakit Thalassemia

Semua thalassemia memiliki gejala yang mirip, tetapi beratnya bervariasi. Sebagian besar penderita mengalami anemia yang ringan. Pada bentuk yang lebih berat, misalnya beta-thalassemia mayor, bisa terjadi sakit kuning (jaundice), luka terbuka di kulit (ulkus, borok), batu empedu dan pembesaran limpa.

Gejala thalasemia yang sering ditemui adalah lesu, tidak punya nafsu makan, cepat lelah, sering terkena radang tenggorokan dan flu. Hemoglobin yang rendah dan sedikitnya sel darah merah pada penderita thalassemia juga menyebabkan mereka mudah terkena anemia.

Sumsum tulang yang terlalu aktif bisa menyebabkan penebalan dan pembesaran tulang, terutama tulang kepala dan wajah. Tulang-tulang panjang menjadi lemah dan mudah patah. Anak-anak yang menderita thalassemia akan tumbuh lebih lambat dan mencapai masa pubertas lebih lambat dibandingkan anak lainnya yang normal.

Karena penyerapan zat besi meningkat dan seringnya menjalani transfusi, maka kelebihan zat besi bisa terkumpul dan mengendap dalam otot jantung, yang pada akhirnya bisa menyebabkan gagal jantung.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Thalassemia

Makanan pantangan untuk penderita penyakit thalassemia adalah makanan yang kadar kandungan zat besinya tinggi karena zat besi yang berlebih bisa menyebabkan keracunan bagi tubuhnya. Makanan pantangan itu antara lain daging berwarna merah, sayur-mayur berwarna hijau, roti, gandum, alkohol, serta telur ayam, dan telur bebek.

Thalassemia
Thalassemia
Artikel "Thalassemia" ditulis oleh admin update terakhir pada 11th June 2012 Categories Thalassemia permalinks http://www.jamugodog.com/thalassemia.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.