Home Penyakit Uncategorized Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga

Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga

Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga-Ternyata berolahraga dapat menghasilkan endorphin, dan jumlah satu pico gram endorphin tersebut adalah jumlah yang dapat dihasilkan dengan olahraga secara teratur. Dikatakan dengan olahraga 30 menit/hari,atau paling sedikit satu kali dari dua hari, akan menolong memelihara kesehatan dan imunitas tubuh serta giat melawan sel kanker. Olahraga akan menolong peredaran darah putih, khususnya lymphocytes dan sel polimorphonuklear dengan demikian menambah daya tahan dalam menghadapi penyakit.

Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga

Penelitian tentangĀ  hubungan olahraga dan endorphin banyak dibuat di Universitas Advent California yang menyatakan bahwa orang berusia baya dengan rata-rata usia 45 tahun, yang terbagi dalam dua kelompok yakni kelompok A sebagai kelompok yang senang berolahraga aerobik secara rutin dalam kesehariannya sedangkan kelompok B adalah kelompok yang tidak biasa berolahraga. Kedua kelompok tersebut melakukan latihan dengan berjalan diatas treadmil sampai dengan lelah dan ternyata kelompok A mengalami kenaikan endorphin dengan cepat tetapi mencapai puncaknya pada waktu diatas 15 menit. Walaupun mereka latihan untuk 2-3 menit lebih lama, tingkatan endorphin tidak naik kembali, dan segera setelah ia berhenti melakukannya tingkat endorphin turun dengan cepat dalam waktu 15-30 menit sedangkan untuk kelompok B, tingkat endorphin mencapai puncaknya lebih rendah dari kelompok A yakni pada waktu lebih kurang 3-6 menit sebelum latihan berhenti yang kemudian tingkat endorphin turun pada waktu sisa dari latihan dan pada saat kelompok A berhenti latihan, endorphin mereka berada pada tingkat kedua, dan memakan lebih banyak waktu untuk menurun dibandingkan dengan kelompok B.

Penelitian lain yakni di Italia pada tahun 1980 menyatakan bahwa kadar endorphin atlet meningkat 5 untuk 5x lipat setelah berolahraga. Penelitian tersebut meneliti 8 atlet yang telah mendapat gelar juara dunia yang rata-rata berusia 21 tahun, yang disuruh berlatih. Sebelum latihan kadar endorphin mereka 320 namun setelah latihan untuk 12 menit, kadar endorphin telah naik menjadi 1620.

Dengan demikian olahraga dapat membantu untuk mempunyai endorphin yang lebih banyak dalam tubuh dalam waktu singkat dan mempertahankannya dengan lebih lama selama olahraga berlangsung. Maka berolahraga mulai dari sekarang.

Sekarang anda jauh lebih tahu bukan?

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga
Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga
Artikel "Tingkat Endorphin Bagi Yang Biasa Berolahraga" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/tingkat-endorphin-bagi-yang-biasa-berolahraga.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.