Home Penyakit Pegal Linu Tips / cara mengobati sakit punggung

Tips / cara mengobati sakit punggung

Tulang merupakan bagian penting manusia yang menyangga bagian tubuh agar bisa berdiri. Sebagai bagian dari tubuh manusia, tulang menjadi hal yang wajib untuk kita perhatian agar tidak terjangkit penyakit. Karena bila terkena penyakit, maka otomatis kita akan kesulitan melakukan aktifitas. Berikut kita akan segera membahas tentang jenis penyakit tulang. Baik itu penyakit ringan, yang dapat kita rawat dengan sendiri dirumah, maupun yang berat, yang membutuhkan perawatan khusus dari dokter dirumah sakit.

  1. 1.    Sakit Punggung

Sakit punggung adalah salah satu penyakit tulang yang paling lazim.Hal ini karena tulang punggung adalah tiang utama susunan kerangka. Tulang ini menjadi sasaran tenaga mekanis yang besar seperti ketika mengangkat beban, membawa beban, atau melompat..

 

Penyebab sakit punggung :

Susunan tulang dan otot Obesitas atau kegemukan membuat sikap tubuh tidak lurus sehingga terasa menyiksa dan melemahkan susunan tulang punggung.

Tips / cara mengobati sakit punggung :Jika rasa penyakit tulang punggung ini menyerang, berbaringlah dengan santai di tempat tidur yang kokoh. Dapat juga dengan mengompres bagian yang sakit dengan air panas atau dipijit. Jika sakit punggung terasa berkepanjangan dan sangat menyiksa, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

 

  1. 2.   Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)

 

Bunions adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.

  1. 3.   Kaki Bengkok

 

Terjadinya kaki bengkok ialah karena gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.

 

Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Ini dalam kategori penyakit berat sehingga membutuhkan tenaga medis / dokter ahli.

 

 

  1. 4.   Calcaneal Spur (Sakit pada Tumit)

 

Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

 

Cara / tips mengobati sakit pada tumit :Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Dokter di rumah sakit menjadi pilihan terakhir bila penyakit ini tidak kunjung sembuh.

  1. 5.   Lengkungan Tulang Punggung (Kyphosis, Lordosis, Scoliosis)

Kyphosis adalah tulang punggung yang melengkung dengan bongkol menonjol ke belakang. Kyphosis ini sering disebabkan oleh TBC pada tulang punggung.Lordosis adalah  tulang punggung yang melengkung di bagian bawah.Scoliosis adalah tulang punggung yang melengkung ke samping.

 Kurang olahraga dapat menyebabkan tulang punggung bongkok

Penyebab lengkungan tulang punggung :kurang olahraga dapat menyebabkan lengkungan tulang punggung

 

Tips / cara mengobati sakit punggung
Tips / cara mengobati sakit punggung
Artikel "Tips / cara mengobati sakit punggung" ditulis oleh admin update terakhir pada 1st March 2013 Categories Pegal Linu permalinks http://www.jamugodog.com/tips-cara-mengobati-sakit-punggung.html di

Baca Juga:

RSSComments (1)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.