Home Penyakit Uncategorized Tips Cegah Alergi

Tips Cegah Alergi

Cara Mencegah Alergi – Banyak diantara kita yang mempunyai alergi, baik itu teman kita, saudara kita atau bahkan diri kita sendiri. Sesunguhnya alergi itu dapat di cegah dan diatasi. Anda mau tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasi Alergi ? berikut ulasan selengkapnya:

Berdasarkan penelitian ilmiah, alergi pada anak sebagian besar disebabkan oleh faktor keturunan. Jika kedua orang tua mempunyai bakat alergi, kemungkinan anak terserang alergi sekitar 70-80%. Tapi jika hanya salah satu orang tua yang mempunyai alergi , kemungkinannya menurun menjadi 30%.

Selain faktor keturunan, alergi bisa tercetus karena faktor lingkungan . Faktor pencetus dari luar ini disebut alergen, yang akan bekerja jika seorang anak membawa sifatalergi. Alergen sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu alergen hirup, makanan, dan alergen suntik. Pada alergen hirup, pemicunya paling banyak adalah tungae debu rumah, disamping serbuk sari. Reaksi alergi terhadap tungau ini antara lain sesak napas, bersin-bersin atau batuk. Sedangkan alergen suntik disebabkan oleh gigitan serangga atau suntikan. Biasanya akan terjadi reaksi pada kulit, dan bentuknya bisa beragam.

Cara mencegah Alergi :

Bila ada riwayat keluarga , baik saudara kandung, orang tua ,kakek, nenek atau saudara dekat lain yang terkena alergi atau asma , deteksi kemungkinan alergi ini bahkan ketika anak belum dilahirkan. Caranya:

  1. Ibu perlu menghindari atau minimalkan penyebab alergi sejak hamil.
  2. Hindari pencetus alergi dari lingkungan, contoh kecoak, serta tungau debu pada karpet, kasur, kapuk, sofa, gorden dan lain sebagainya.
  3. Tunda pemberian makanan penyebab alergi seperti telur, kacang tana, dan ikan, sampai usia diatas 2-3 tahun.
  4. Bila membeli makanan kemasan, biasakan untuk melihat komposisi bahan penyusunnya.
  5. Bila bayi minum asi, ibu juga perlu menghindari makanan penyebab alergi. Bila ASI tidak memungkinkan, gunakan susu formula hipoalergenik.

Cara Mengatasi Jika Terlanjut Alergi :

  1. Jika anak terlanjur menyandang alergi, sebaiknya identifikasi pencetusnya dan hindari. Jika anak alergi debu, maka bersihkan karpet, boneka, kain dan sebagainya.
  2. Obat-obat anti alergi dapat digunakan tapi dalam jangka panjang tidak dianjurkan.

Demikian ulasan artikel diatas, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tips Cegah Alergi
Tips Cegah Alergi
Artikel "Tips Cegah Alergi" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 12th July 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/tips-cegah-alergi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.