Home Penyakit Uncategorized Tips Mandi Saat Demam

Tips Mandi Saat Demam

Mandi Saat Demam– Mandi lembab menggunakan kain basah bagi penderita demam dapat memberikan efek yang menenangkan seseorang yang sakit dan mampu menurunkan demam atau suhu badan.

Tips Mandi Saat Demam

Peralatan yang diperlukan:

  1. Sebaskom air- suhunya menurut petunjuk
  2. Kain atau selimut untuk menutupi pasien
  3. Dua handuk mandi
  4. Satu handuk muka atau kain penggosok
  5. Kepingan es menurut petunjuk
  6. Alkohol

Indikasi:

  1. Mandi lembab panas diberikan kepada orang yang demam tinggi, tetapi kulit tungkai dan lenganya dingin. Air untuk mandi lembab haruslah sepanas yang dapat ditahan. Mandi lembab harus dilakukan cepat dan dengan gosokan agar darah mengalir ke permukaan. Mandi lembab dapat diulangi setelah 1 atau 2 jam bila demamnya tetap bertahan.

Prosedur:

  1. Usahakan agar orang tersebut merasa nyaman. Tanggalkan pakainnya dan tutupi tubuhnya dengan kain atau selimut. Tutuplah jendela kamar untuk mencegah arus angin.
  2. Alasi tempat tidur dengan handuk pada setiap bagian yang dimandikan. Letakkan satu handuk mandi diatas dada dan bersihkanlah muka, telinga, dan leher. Keringkan bagian yang telah dibersihkan dengan menggunakan handuk yang terletak diatas dada.
  3. Bersihkan satu-satu bagian menurut urutan: lengan, dada, perut, tungkai, ujung kaki dan punggung. Untuk lengan dan tungkai bentangkan handuk itu sepanjang lengan atau tungkai itu sementara dia dimandikan dengan kain basah. Keringkan setiap bagian dengan handuk muka untuk menarik darah ke permukaan. Keringkan setiap bagian setelah mandi lembab untuk mencegah kedinginan. Orang yang saki tersebut haruslah kering sebelum mengganti pakain dan kain seperai. Minuman hangat dapat diberikan untuk membantu mengeluarkan keringat.
  4. Mandi lembab dingin digunakan untuk kulit yang mengering dan panas. Air dingin digunakan dalam hal ini, akan tetapi bila kulit panas kepingan es dapat dimasukkan dalam air. Demah dingin dapat ditempatkan pada kepala atau ketiak sementara mandi dilakukan. Kalau badan mengigil maka suhu badan akan naik.

Prosedur:

  1. Tanggalkan pakaian pasien dan tutupi dia dengan kain atau selimut. Letakkan kompres dingin diatas dahi dan ketiak. Ulangi sesering mungkin.
  2. Bersihkan satu-satu bagian, dengan urutan seperti mandi lembab panas. Gosoklah kulit untuk membawa darah kepermukaan dan untuk melancarkan peredaran darah guna mempercepat proses penyejukan.
  3. Mandi lembab yang hangat kuku diberikan pada demam panas yang gelisah. Suhu air adalaha 35-37 derajat, atau ukuran sedang setelah diuji dengan siku. Kini tidak boleh menggosok kulit. Bersihkan dan keringkan kulit dengan sapuan sangat lembut.

Prosedur:

  1. Tanggalkan semua pakaian, dan tutupilah dengan selimut serta hindarkan dari cahaya yang masuk keruangan.
  2. Bersihkanlah satu-satu bagian dengan cara yang sama seperti mandi lembab yang panas. Keringkan pasien baik-baik dengan pelan-pelan. Sapuan alkohol pada punggung dapat dilakukan setelah mandi lembab.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tips Mandi Saat Demam
Tips Mandi Saat Demam
Artikel "Tips Mandi Saat Demam" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/tips-mandi-saat-demam.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.