Home Penyakit Uncategorized Tips Memandikan Bayi

Tips Memandikan Bayi

Memandikan adalah suatu cara membersihkan tubuh dengan cara menyiram, merendam diri dalam air.Dalam minggu minggu pertama bayi cukup mandi satu kali sehari dipagi hari. Jika perlu sore hari cukup dibersihkandari kulit yang basah atau keringat. Usahakan tidak langsung memandikan bayi setelah menyusu, sedang lapar atau mengantuk untuk menghindarkan bayi muntah, kedinginan, atau kaget.

Tips Memandikan Bayi

Tujuan dari memandikan bayi untuk membersihkan tubuh bayi, jika dimandikan lebih sering kulitnya dapat menjadi kering. Setelah mandi bayi ditaruh ditempat yang hangat, taruh bayi ditempat yang rata, alasi permukaan yang kerasdengan selimut atau handuk. Jika bayi diletakkan pada permukaan diatas lantai, gunakanpengikat atau pegang dengan tangan sepanjang waktu agar bayi tidak jatuh

Peralatan yang diperlukan :

  1. Bak mandi dengan air hangat berkisar antara 36-37 derajat.
  2. Kain mandi yang lembut.
  3. Sehelai handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh
  4. Sehelai handuk besar untuk membungkus bayi
  5. Baju dan popok bayi
  6. Sabun mandi bayi
  7. Bedak bayi, losion atau minyak untuk kulit bayi
  8. Gumpalan-gumpalan kapas dalam sebuah botol yang tertutup

Cara:

  1. Isilah bmandi sampai 2/3 penuh dengan air hangat berkisar 36 derajat. Ujilah air itu dengan tangan anda,  supaya bayi tidak kepanasan dan bayi merasa hangat dan nyaman.
  2. Kumpulkan semua peralatan dan aturlah agar ruangan itu hangat, dan tidak ada arus angin yang datang dari jendela dan pintu.
  3. Bentangkan handuk diatas meja dekat bak mandi.
  4. Bungkus badan bayi dengan sebuah handuk dan bersihkan muka, leher, dan telinganya dengan kain mandi yang lembut, yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Keringkan muka, leher dan telinga dengan handuk yang lembut. Jangan sabuni muka bayi.
  5. Pegang bayi dan topanglah kepala bayi sambil menutupi bayi dengan ibu jari dan jari tengah. Sabuni kepala bayi diluar bak mandi itu. Kalau terdapat sisik pada kulit kepala, bubuhi minyak bayi setelah mengering kepalanya dengan baik dan biarkan minyak itu sepanjang malam. Bersihkan kepalanya dari bekas sabun sebelum mengolesinya dengan minyak.
  6. Tanggalkan handuk itu dan baringkan bayi itu dalam bak mandi. Sementara bayi ada didalm penganglah dia pada bagian lengan atas dekat ketiaknya, sambil menopang kepalanya dengan lengan anda.
  7. Sabuni dan basuhlah badan bayi, kaki dan  lenganya dengan kain mandi yang lembut.
  8. Setelah mandi, angkat bayi itu pelan-pelan dari air.
  9. Bungkuslah bayi dengan handuk dan keringkan serta hangatkan bayi.
  10. Taburkan bedak atau losion jika kulit bayi kering.
  11. Kenakanlah pakaian bayi dengan baju dan popok yang bersih.
  12. Berikan sari buat atau asi.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tips Memandikan Bayi
Tips Memandikan Bayi
Artikel "Tips Memandikan Bayi" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/tips-memandikan-bayi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.