Home Penyakit Uncategorized Tips Membuang Kotoran Dengan Benar

Tips Membuang Kotoran Dengan Benar

Membuang Kotoran – Teknik pembuangan kotoran yang mengandung organisme memiliki tujuan untuk membuang kotoran dari pasien penderita infeksi, untuk mencegah penyebaran penyakit, untuk melindungi anggota keluarga lainnya dan untuk menyadarkan pasien bahwa kotoran itu mengandung organisme penyebab penyakit sangat berbahaya. Dalam menangani dan membinasakan orgnaisme ini diperlukan kewaspadaan.

Tips Membuang Kotoran Dengan Benar

Indikasi:

“Kotoran seperti lendir, air ludah, nanah dan muntahan pasien penderita demam tipus, radang otak, radang selaput otak, radang paru-paru laburus, infeksi streptococci pada kerongkongan, difteri, kholera, radang selaput mata, penyakit kotor, sipilis dan tbc”.

Peralatan yang diperlukan:

  1. Kantong kertas
  2. Surat kabar bekas
  3. Satu peniti pengaman
  4. Serbet kertas
  5. Korek api
  6. Kantong plastik
  7. Kaleng kosong dengan penutup untuk muntahan
  8. Larutan lysol 5% atau sesuatu larutan pembasmi hama

Cara:

  1. Letakkan sebuah kantong kertas disisi pasien. Tempelkan kantong kertas itu pada sisi tempat tidur dengan peniti atau letakkan dekat surat kabar diantara bantal dengan sarungnya.
  2. Ajaklah pasien itu untuk menutup lututnya dengan serbet kertas bila ia batuk, meskipun batuknya tidak berbahaya, dan tadahlah air ludahnya dengan serbet kertas. Kemudian serbet kertas dengan air ludah harus dimasukkan kedalam kantong kertas yang sudah disediakan.
  3. Bila kantong itu sudah 2/3 penuh, bungkuslah itu dengan surat kabar.
  4. Bawalah bungkusan itu keluar rumah dan bakarlah segera. Jangan masukkan kantong kertas yang berisi kotoran itu kedalam tempat sampah di dapur. Bakarlah itu dengan segera.
  5. Jika muntah biarkan pasien muntah kedalam sebuah kaleng. Tambahkan dengan jumlah yang sama dari larutan lysol 5% kedalam kaleng dan tutup. Biarkanlah begitu 1 jam sebelum membuangnya kedalam lobang kakus.
  6. Cucilah kaleng itu bersih-bersih dan bersihkan dengan larutan lysol.
  7. Cucilah tangan anda sampai bersih, pakai sabun dan air setiap kali anda menjamah pasien atau membuang kotorannya. Kemudian sediakan sebuah kantong kertas yang baru.

Pencegahan:

“Sedapat mungkin jangan pernah menjamah kotoran itu dengan tangan, kalau sampai terjamah jangan sampai ada luka goresan pada tangan walaupun hanya luka tusukan jarum pada jari, dan jangan menggosok mata waktu menjamah kotoran itu. Cucilah tangan dengan seksama dan pakailah sabun agar terhindar dari penularan penyakit”.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tips Membuang Kotoran Dengan Benar
Tips Membuang Kotoran Dengan Benar
Artikel "Tips Membuang Kotoran Dengan Benar" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/tips-membuang-kotoran-dengan-benar.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.