Home Penyakit Uncategorized Virus Hepatitis E (VHE)

Virus Hepatitis E (VHE)

Hepatitis E-Virus hepatitis E (VHE) merupakan virus RNA yang termasuk kelompok Caliciviridae. Jenis ini merupakan virus hepatitis non-A non-B yang menular lewat air minum yang terkontaminasi (water boren NANBH), kadang melalui makanan, sehingga disebut juga penularan secara enterik (enterically transmitted). Kera merupakan reservoir dari kuis hepatitis E. Infeksi dengan virus ini terutama terjadi pada daerah-daerah dengan sanitasi dan tingkat kesehatan yang buruk.

Pencegahan Dan Penyebab Virus Hepatitis E (VHE)

Infeksi VHE merupakan penyebab utama hepatitis sporadik dan epidemik di Afrika, Asia tenggara, Asia tengah, Meksiko, Amerika tengah, dan Amerika selatan. VHE umumnya menyerang orang usia muda sampai usia menengah pada negara-negara berkembang. Sebagian besar kasus hepatitis E bersifat kolestatik. Gejala yang timbul biasanya ringan dan dapat sembuh sendiri serta tidak pernah menjadi kronik. Namun, penyakit akan menjadi berat dan fatal bila menyerang wanita hamil. Kematian yang ditimbulkan relatif rendah, hanya 0,1-0,2%. Namun, penyakit hepatitis E pada penderita yang sedang hamil akan menyebabkan meningkatnya kematian 10-20%.

Masa inkubasi berlangsung sekitar 15-60 hari. Hal ini lantas berlanjut menjadi fase preikterik selama 1-10 hari dengan keluhan nyeri lambung, mual (nausea), dan muntah. Fase ikterik berlangsung 12-15 hari dan kembali normal setelah satu bulan. Pada fase ini, umumnya terjadi peningkatan kadar bilirubin yang ditandai dengan warna kuning dikulit, selaput lendir langit-langit, sklera, dan urin serta peningkatan enzim-enzim transaminase.

Untuk mengetahui seseorang telah terinfeksi VHE dilakukan:

  1. Pemerikasaan tinja dengan mikroskop elektron untuk mendeteksi partikel mirip virus berukuran 27-34 nm.
  2. Pemeriksaan darah untuk anti-VHE.

Pada masa akut terjadi peningkatan IgM anti-VHE yang segera diikuti dengan peningkatan IgG anti-VHE. Peningkatan respon imunitas ini hanya terjadi sementara karena kadarnya akan menurun setelah 6 bulan dan menghilang sekitar 12 bulan kemudian.

Pencegahan Hepatitis E :

  1. Penyuluhan tentang kebersihan lingkungan dan perorangan yang baik.
  2. Penyediaan air bersih yang memenuhi syarat untuk diminum.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Virus Hepatitis E (VHE)
Virus Hepatitis E (VHE)
Artikel "Virus Hepatitis E (VHE)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/virus-hepatitis-e-vhe.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.