Home Penyakit Uncategorized Voiding Cystourethrography

Voiding Cystourethrography

Pengertian Voiding Cystourethrography

In adalah pemeriksaan yang menggunakan sinar X dimana kandung kemih penderita dan uretra akan disuntikan cairan kontras melalui kateter, cairan kontras yang bersifat khusus ini yang membuat keadaan dalam organ dapat dilihat melalui sinar X.

Alasan Voiding Cystourethrography

Ada beberapa alasan kenapa pemeriksaan ini sangat penting dilakukan, yang diantaranya adalah untuk mendeteksi keadaan tidak normal yang terjadi pada kandung kemih dan uretra, mengetahui adanya serangan infeksi urin, mengetahui adanya kelainan bawaan pada sistem urin, dan untuk mengurangi pembesaran prostat.

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pemeriksaan Voiding Cystourethrography

  1. Sebelum menjalani pemeriksaan, penderita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa informasi seperti siapa yang akan melakukan pemeriksaan, dimana akan dilakukan pemeriksaan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan ini.
  2. Dokter akan memasukkan jarum ke ginjal setelah penderita diberikan obat tidur
  3. Segera beritahukan kepada team medis jika penderita mengalami segala kondisi yang merupakan efek samping dari pemeriksaan ini, misalnya alergi dan rasa nyeri atau lain sebagainya.
  4. Penderita juga harus memberitahukan gangguan tertentu seperti alergi dan lain sebagainya yang dapat mengganggu jalanya proses pemeriksaan.
  5. Penderita tidak perlu melakukan puasa sebelum pemeriksaan akan dilakukan.
  6. Jika penderita mendapat surat pernyataan berupa persetujuan untuk melakukan tindakan pemeriksaan ini, maka sebaiknya penderita terlebih dahulu membaca surat pernyataan hingga benar-benar paham sebelum membubuhkan tanda tangan.

Voiding Cystourethrography
Voiding Cystourethrography
Artikel "Voiding Cystourethrography" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/voiding-cystourethrography.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.