Kekebalan Tubuh Khusus

Pengertian Kekebalan Tubuh Khusus

Yang dimaksudkan dengan Kekebalan khusus (adaptive) adalah sistem kekebalan seseorang yang dijumpai sejak  kelahiran orang tersebut. Disebut Kekebalan khusus karena menyesuaikan sendiri terhadap antigen khusus yang dihadang sebelumnya. Tanda kekebalan pada kekebalan khusus adalah kemampuannya untuk belajar, beradaptasi, dan mengingat. Kekebalan khusus memerlukan waktu untuk berkembang setelah awalnya berhubungan dengan antigen baru. Meskipun begitu, ingatan terbentuk, reaksi berikutnya terhadap penghadangan antigen sebelumnya lebih efektif dan lebih cepat daripada yang dihasilkan oleh kekebalan yang tidak khusus.

Jenis-Jenis Kekebalan Tubuh Khusus

  • Lymphocytes
    Lymphocytes berputar di dalam aliran darah dan sistem lymphatic dan memindahkan ke dalam jaringan seperti yang diperlukan. Lymphocytes memungkinkan tubuh untuk mengingat antigen dan untuk membedakan dirinya dari yang bukan dirinya (asing).
  • B Lymphocytes: B lymphocytes (sel B) dibentuk di dalam tulang rawan. Ketika lymphocytes menjumpai antigen, antigen tersebut menempel pada reseptor atau sel yang peka terhadap rangsangan), merangsang B lymphocytes untuk berubah ke dalam sel plasma.
  • T Lymphocyte: T lymphocytes (sel T) dihasilkan di dalam kelenjar thymus.Disana, mereka belajar bagaimana membedakan dirinya dari bukan dirinya. Hanya T lymphocytes yang tahan terhadap molekul pengidentifikasi diri sendiri dibiarkan untuk matang dan meninggalkan thymus. Tanpa proses pelatihan ini, T lymphocytes bisa menyerang sel dan jaringan tubuh.
  • Sel Dendrite terbentuk dari monocytes dan terletak sebagian besar pada jaringan, sel dendritic yang baru terbentuk mencerna dan menguraikan antigen ke dalam bagian-bagian sehingga sel kekebalan lainnya bisa mengenali mereka-kegiatannya disebut pemrosesan antigen.
  • Antibodi

Leave a Reply